WAGON

Jangan Malu Nggak Pernah Sekolah Film, Karena 3 Sutradara Top Ini Juga Nggak Pernah Sekolah Film

tennis1

Untuk beberapa orang yang ingin menjadi filmmaker handal, sekolah adalah cara terbaik agar dapat mencapai mimpi tersebut.

Photo: James Cameron

LAKEYBANGET.COM - Untuk beberapa orang yang ingin menjadi filmmaker handal, sekolah adalah cara terbaik agar dapat mencapai mimpi tersebut. Mengenyam pendidikan formal dan bergelut di dunia akademisi tentang perfilman tak jarang dianggap sebagai jalan utama menjadi filmmaker profesional.

Namun siapa sangka, banyak sutradara terkenal yang ternyata tak pernah mengenyam pendidikan film secara formal. Siapa saja dan apa rahasianya? Berikut ulasannya seperti dilansir Flavorwire.

James Cameron



Siapa sangka, sutradara yang telah menciptakan banyak film berkualitas, seperti Avatar dan Titanic. James Cameron juga tak pernah mengenyam sekolah film. Sutradara ini dulunya pernah sekolah di jurusan Arts and Science yang mengajarkan dirinya tentang production design dan special effect. Ia kemudian meninggalkan sekolahnya tersebut dan mengejar cita-citanya sebagai filmmaker.

“Satu hal terbaik yang terjadi pada saya adalah saya tidak pernah sekolah film. Saya biasanya pergi ke perpustakaan USC dan membaca semuanya. Saya suka barang-barang Xerox. Saya membuat referensi perpustakaan saya sendiri akan desertasi doktoral tentang optical printing dan semacamnya.”

Ia juga memiliki pesan untuk para filmmaker “Hal yang paling penting adalah ambil kamera dan buatlah film. Bahkan jika kamu tidak punya uang, ajak temanmu, bahkan jika hasilnya buruk, di sana masih tertulis ‘Directed by’… dan untuk semua itu kamu adalah seorang sutradara”.

Quentin Tarantino



Sutradara kenamaan yang telah mengeluarkan 8 film, Quentin Tarantino adalah salah satu sutradara dari Hollywood yang tak pernah mengeyam pendidikan film. Setelah ia drop out dari sekolah akting, Tarantino kemudian mengasah keterampilannya terhadap dunia film. Ia juga bekerja di toko video di tahun 1980an yang dia anggap sedikit membantu mengembangkan keterampilannya tersebut. Quentin Tarantino pernah memberikan sebuah petuah saat mengisi master class di Cannes Film Festival.

“Mencoba membuat feature film sendiri tanpa uang adalah sekolah film terbaik yang bisa kamu lakukan. Ketika kamu mempunyai visi, ketika kamu memiliki ketertarikan yang terbatas, kamu tahu, kamu lebih baik serius. Saya tak tertarik di sekolah. Saya tak tertarik di bidang olahraga. Saya hanya tertarik dengan film.”

Stanley Kubrick



Sineas yang satu ini memiliki nama yang begitu dihormati oleh banyak filmmaker dunia, Stanley Kubrick. Ia yang telah menciptakan 13 film ini memulai kariernya dengan belajar sendiri tentang fotografi dan dasar-dasar filmmaking. Ia kemudian membuat dua film dokumenter berjudul Day Of The Fight dan The Flying Padre. Hebatnya, dia mengerjakan semua hal dalam kedua film tersebut seorang diri.

“… kameramen, sutradara, editor, asisten editor, sound effects, – Aku melakukannya! Itu pengalaman yang tak ternilai”

Kubrick juga memiliki sebuah petuah untuk filmmaker muda. “Hal terbaik yang bisa dilakukan oleh filmmaker muda adalah mengambil kamera dan membuat film apa saja.”