WAGON

Bener Nggak Sih Biji Cabe Jadi Penyebab Usus Buntu?

tennis1

Sejak zaman dulu, para orangtua selalu melarang anak-anaknya memakan biji cabe.

Photo: Usus Buntu/Istimewa

LAKEYBANGET.COM - Sejak zaman dulu, para orangtua selalu melarang anak-anaknya memakan biji cabe. Entah sejak kapan, pokoknya argumen itu muncul lantaran biji cabe yang dimakan dapat menyebabkan usus buntu.

Terus, terus, terus, bener nggak sih biji cabe dapat menyebabkan usus buntu?

Menurut penelitian (yang dilakukan orang-orang rajin), hanya ada 1 dari 2000 kasus usus buntu di dunia yang disebabkan memakan biji cabe.



Menurut om-om peneliti itu, penyebab utama radang usus buntu bukanlah biji cabe. Biji jambu atau cabe yang termakan memang biasanya akan menyangkut di saluran pencernaan. Namun biasanya akan keluar lagi bersama feses atau bahasa simpelnya kotoran saat buang air.

Prosesnya yaitu makanan yang dicerna dan diantarkan dari usus kecil ke dalam usus besar melewati usus buntu. Selanjutnya kontraksi otot dinding usus buntu akan memaksa biji-bijian itu keluar dari pencernaan.

Sebagian besar penyebab utama terjadinya radang usus buntu disebabkan oleh cairan feses yang terjebak. Terus cairan feses itu akan mengeras dan menutup akses ke dalam usus buntu.



Parahnya, dari kotoran yang mengendap itu akan muncul bakteri dan berkembang biak di daerah usus buntu yang menyebabkan peradangan.

Nah, sebenarnya bakteri ini bisa timbul bukan cuma dari makan biji cabe saja. Bakteri ini juga bisa timbul karena makan makanan yang nggak bersih.

Selain itu peradangan usus buntu juga bisa juga disebabkan karena daya tahan tubuh turun, kecapekan, kurang tidur, dan lain-lain.



Nah, pastinya kamu nggak mau kan terkena penyakit usus buntu? So, solusinya adalah perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas per hari) dan makan makanan berserat agar proses buang air besarnya menjadi lancar.