WAGON

Yuk Makan Nasi Grombyang, Kuliner Lezat Khas Pemalang

tennis1

Nasi grombyang adalah sejenis nasi campur yang merupakan makanan khas dari masyarakat Pemalang, Jawa Tengah

Photo: Yuk Makan Nasi Grombyang, Kuliner Lezat Khas Pemalang

LAKEYBANGET.COM-  Guys ada yang tau Nasi grombyang? buat yang belum tau ini penjelasannya. Nasi grombyang adalah sejenis nasi campur yang merupakan makanan khas dari masyarakat Pemalang, Jawa Tengah. Nama makanan ini berasal dari bentuk penyajiannya, yaitu antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang-goyang (baha jawa: grombyang-grombyang, artinya "bergoyang-goyang").

Ramuan nasi grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah, disajikan dalam mangkuk kecil dan dilengkapi dengan sate kerbau. Ciri khas lainnya dari nasi grombyang terletak pada tempat jualannya yang berupa kuali besar, tempat nasi ditutupi dengan kain merah, diserta penerangan remang-remang lampu templok. Pembeli menikmati hidangan dengan duduk di kursi kecil pendek (dingklik).

Tidak diketahui dengan pasti kapan makanan khas ini mulai diciptakan. Namun menurut penuturan para orang tua di Pemalang, makanan khas nasi grombyang sudah ada sejak tahun 1960-an. Pada waktu itu penjual nasi grombyang menjual dagangannya secara tidak menetap, tetapi berkeliling kampung. 

Guys ternyata kelezatan Nasi Grombyang hanya bisa ditemui di kota Pemalang lho seperti halnya Nasi Grombyang H. Warso, rupanya menjadi salah satu destinasi kuliner Pemalang yang banyak dikunjungi para pelanggannya. Baik yang berasal dari dalam kota, maupun para tamu yang tengah berada atau melintasi kota ini.



Kuah serupa soto yang segar yang berwarna pekat dengan parutan sangrai kelapa yang dibiarkan "mengotori" semangkuk nasi, plus potongan daging sapi yang gurih dan taburan bawang daun, seolah mengharuskan kita yang tengah melintasi kota Pemalang untuk mencicipi Nasi Grombyang ini. Apalagi ditambah dengan sate sapi dalam balutan bumbu kelapa yang legit sebagai pelengkapnya.



 

Konon dulu, daging pada nasi grombyang ini beserta satenya menggunakan daging kerbau. "Tapi sekarang nyari daging kerbau susah, jarang yang jual. Makanya kita pake daging sapi", begitu kata salah seorang pegawai yang melayani kami ketika membayar makanan yang kita santap. Seporsi Nasi Grombyang di sini harus ditebus dengan harga Rp. 16.000, sedangkan satu tusuk sate sapinya harganya Rp. 4.000. Lokasi Nasi Grombyang H. Warsoini berada di Jl. RE Martadinata, tak jauh dari alun-alun kota Pemalang. Kedai ini buka sejak pagi, sekitar pukul 9 sampai malam hari sekitar pukul 10. Dan menjelang malam tiba, ruas jalan RE Martadinata ini semakin ramai dengan banyaknya para pedagang kaki lima yang menawarkan sajian kuliner lain dari Kota Pemalang ini termasuk beberapa kedai nasi grombyang. Silakan pilih penjaja yang mana, tapi jangan pernah tinggalkan kota Pemalang tanpa mencicipi Nasi Grombyang.


 


Most Popular