WAGON

Sulit Tidur? Ini Trik Mudah Agar Bisa Tertidur Dalam Waktu 60 Detik

tennis1

Sepertinya kini kesulitan tidur tak hanya dialami oleh orang yang lanjut usia saja, tapi juga dialami oleh anak-anak muda

Photo: Trik Mudah Agar Bisa Tertidur Dalam Waktu 60 Detik

LAKEYBANGET.COM- Sepertinya kini kesulitan tidur tak hanya dialami oleh orang yang lanjut usia saja, tapi juga dialami oleh anak-anak muda. Merasa sulit tidur dapat terjadi karena berbagai macam faktor. Misalnya saja makanan yang kita konsumsi, stres, penggunaan smartphone di malam hari, atau suasana ruangan tidur yang tidak nyaman. Untuk kamu yang sering mengalami sulit tidur, ternyata ada cara sederhana untuk mengatasinya.

Seorang dokter dari Harvard Unoversity, Dr. Andrew Weil, membuat sebuah metode unik untuk mengatasi sulit tidur yang tak sampai 60 detik. Metode ini dinamakan metode pernapasan 4-7-8. Metode ini kabarnya dapat membuat kita merasa mengantuk kurang dari 60 detik.

Lalu bagaimana metode pernapasan itu dapat bekerja? Metode pernapasan yang dikembangkan oleh Dr. Andrew ini sebenarnya adalah metode untuk melawan stres. Metode ini menjadi penenang untuk sistem syaraf. Caranya sangat mudah dan sederhana meski ada teknik tersendiri untuk melakukannya.



Awalnya, hembuskanlah napas melalui mulut dengan membuat suara “wuush”. Kemudian, tutup mulut kita dan mulailah bernafas menggunakan hidung selama 4 detik. Setelah itu tahan napas selama 7 detik, lalu keluarkan nafas selama 8 detik sepenuhnya melalui mulut sambil membuat suara “wuush”.

Lakukan metode ini berulang kali setidaknya sampai 3 kali. Dr. Andrew menjelaskan bahwa metode ini harus dilakukan dengan mengambil napas melalui hidung tanpa membuat suara dan mengeluarkan udara melalui mulut dengan membuat suara. Hal yang harus diperhatikan adalah ujung lidah harus berada di posisi yang sama selama metode ini berlangsung.

Untuk kamu yang memiliki masalah tidur, metode ini bisa dipraktikan setidaknya dua kali sehari selama enam sampai delapan minggu agar menguasai tekniknya dan terbiasa untuk cepat tertidur. Pada dasarnya metode ini merupakan metode menenangkan pikiran dengan teknik pernapasan yang memungkinkan oksigen mengisi paru-paru dengan baik.


Most Popular