WAGON

Nampodong dan Fakta Menarik dari Jajanan Kaki Lima di Busan

tennis1

Makan di kakilima alias street food apa enaknya. Mungkin ulasan di bawah ini akan mengubah sangkaanmu.

Photo: dok pribadi Tristanti

Bila kalian melancong ke Korea Selatan, sempatkanlah mampir ke Busan. Salah satu lokasi yang sayang dilewatkan adalah Jalan Nampodong. Spot itu menyediakan aneka makanan terbaik. Kalian akan menemukan salah satu pilihan paling lezat dari makanan Korea. Makanan jalanan Nampodong mencakup semua ragam menu. Pengaruh selera kuliner asing yang dicampur dengan masakan Korea. Memberi kesan keterbukaan kuliner terhadap dunia luar.

Kita tidak akan repot bertanya tentang Nampodong. Penduduk setempat akan segera menunjukkan arah ke spot jajan kakilima itu dengan tepat. Jalanannya memberi kesan mendalam. Membawa kenangan khas yang sulit dilupakan.

Tak perlu repot memesan hotel di lingkungan lain di Busan, ada beberapa pilihan hotel yang menarik di Nampodong. Kalian bisa menginap di Comma Hotel, yang berada tepat di tengah perbelanjaan dan cukup nyaman.  Dengan menginap di sini, kalian bisa menlewatkan satu malam di jantung kuliner  di Busan.

Ada cukup banyak spot pilihan belanja di daerah ini, termasuk Pasar Gukje dan PIFF Square. Kosmetik dan barang-barang pernak-pernik atau souvenir bisa kalian dapatkan di sini dengan harga yang relatif lebih murah. Hingga tak hanya selera kuliner kalian yang terpuaskan namun juga kenginan untuk berburu buah tangan dengan pilihan dan harga menarik.

Masakan-masakan khas Korea seperti teokbokki, sosis Korea dan roti berbentuk ikan (bunggeoppang) yang menjadi menu di musim dingin pun bisa ditemukan disini. Sosis dan beberapa ayam pedas, tak ketinggalan sea food serta masakan yang mengandung babi pun banyak kita jumpai. Khusus buat pecinta sea food, kalian bisa mendapati banyak ikan hidup siap tangkap dari akuarium-akuarium yang beragam jenisnya. Tak heran kalau tempat ini selalu ramai dengan pengunjung yang kongkow sampai larut malam. Jangan dibayangkan pasar ikan atau seafood-nya becek dan bau amis, sama sekali tidak. Pengunjung bisa menikmati jalanan yang bersih dan rapih. Kalau pun kita ingin membeli aneka panganan tradisional lainnya buat oleh-oleh, Nampodong ini adalah tempat yang tepat.

Tempat duduk khusus tidak tersedia. Biasanya pengunjung menjadikan pagar tembok di sekitar tanaman atau bunga-bunga di dekatnya sebagai tempat untuk duduk-duduk. Para pelapak ramah dikelilingi pelanggan. Pelanggan harus sigap untuk memesan menu berikutnya atau memberi tempat bagi pelanggan lain yang mengantre. Antrean di sini menjadi sesuatu yang mengasyikkan, mengerubuti lapak-lapak makanan. Lapar mata menuntut perut keroncongan untuk segera dikondisikan.

Pujangmacha Nampodong tentu saja adalah pengalaman kuliner yang sempurna Nampodong adalah tempat kenangan  tentang makanan Korea yang akan selalu diingat dan dikunjungi lagi. Menu masakannya, suasananya, kemudahan akses dan akomodasi di sekitarnya membuat kita bisa menikmati sebuah tempat di negeri nan jauh. Agaknya keramahan tidak hanya basa-basi, namun disajikan dalam informasi yang memadai, tempat yang nyaman dan bersih, serta tata letak yang memudahkan semua orang.  Jadi tak perlu khawatir nyasar, sebab akan banyak sekali orang yang kalian jumpai siap membantu mencarikan jalan keluar, meskipun harus dengan memakai bahasa Tarzan!

Bila pergi ke Seoul atau daerah metropolitan lainnya dan Kalian akan menemukan yang serupa, tapi tidak persis sama. Kekhasan menu dan suasana Nampodong memang terangkai dalam suatu paket yang unik dan memberi sentuhan kesan bagi siapa saja yang singgah di sana.

Banyak hal lain yang bisa dinikmati di Busan. Busan adalah kota yang indah dan banyak orang datang ke sini sepanjang tahun ini. Kami menikmati kota ini dalam banyak hal.  Kenangan mengunjungi  Templestay, mengunjungi Taejongdae, dan nongkrong di pantai yang indah di kota ini, termasuk Haeundae dan Gwangalli. Orang selalu berdatangan ke kota ini dengan acara sepanjang tahun.  Dan jangan lupa festival film internasional terbesar di negara itu menjadi agenda tahunan di Busan pada musim gugur.