WHAT`S UP

Ini Dia : 4 Aplikasi untuk Kamu yang Ingin Belajar Musik

tennis1

Belajar musik lewat aplikasi bisa makin membuat hidupmu asyik. Dari belajar gitar, piano, atau vokal. Kamu tingga pilih dan tekuni. Pastikan kamu bisa menjadi musisi sesuai cita-citamu!

Photo: foto : riffstation.com

Musik menjadi bagian hidup kita. Ada yang sekedar menjadi penikmat dan ada yang serius. Belajar musik di era digital bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Layaknya guru, aplikasi ini akan memberi panduan, sekaligus membimbing dengan cara yang unik. Aplikasi belajar musik banyak tersebar di dunia maya. Namun, ada beberapa aplikasi yang kamu bisa pertimbangkan

Ada yang berbayar dan ada yang gratis. Pada akhirnya pilihan ada di kamu. Ini soal kecocokan dan selera. Juga kebutuhanmu.

1. Riffstation

Ingin menjadi gitaris handal? Aplikasi yang satu ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin belajar main gitar. Kalau kamu enggan belajar dari buku "gitar untuk pemula", aplikasi Riffstation, situs web, dan aplikasi desktop - yang sekarang dimiliki oleh gitar Fender - akan mengajarimu akord lagu favorit Mu secara real time.

Aplikasi ini akan  menyinkronkan dirinya dengan video di YouTube, dan bergantung pada seberapa jelas trek gitar yang tersedia sesuai jenisnya.

Di dalam aplikasi, kamu dapat menyesuaikan tempo lagu, menambahkan metronom, dan beralih antara mempelajari lagu-lagu pada gitar, ukulele, piano, atau mandolin.

Jika kamu merasa telah mempelajari lagunya, tapi itu bukan kunci yang tepat untukmu, kamu punya pilihan untuk mengubah kunci lagu dengan capo virtual.

Jika aplikasi seluler tidak memiliki lagu yang kamu inginkan, kamu dapat menggunakan situs web tersebut untuk meminta lagu, atau mendownload aplikasi desktop Riffstation Pro untuk menganalisis file audio yang kamu miliki. Harganya $ 35.

2. Simply Piano

Kamu yang ingin jadi pianis bisa menggunakan aplikasi ini. Simply Piano oleh JoyTunes mengajarkan Kamu cara bermain piano dengan menggunakan mikrofon di smartphone atau iPad Kamu. Jika Kamu membuat terlalu banyak kesalahan berturut-turut, ini akan membawa Kamu ke mode latihan, di mana musik lebih lambat dan bug metronom.

Aplikasi ini memberi kamu latihan yang dipersonalisasi dan melacak kemajuan kamu. Aplikasi ini juga menawarkan potongan musik yang terkenal mulai dari komposisi "Imagine" karya John Lennon sampai Bach.

Download gratis menawarkan dua pelajaran, tapi setelah itu, Kamu perlu melakukan upgrade ke opsi berlangganan berbayar.

Mereka menawarkan langganan selama 3 bulan, 6 bulan, dan satu tahun - $ 45, $ 60, dan $ 90.

3. Vanido

Nah, yang ini juga cocok buat anak-anak yang ingin belajar vokal. BElajar vokal atau bernyanyi meruoakan langkah yang bagus dalam membangun kepoercayaan diri. Aplikasi ini jauh lebih murah (gratis!) daripada pelajaran vokal.

Vanido menggunakan mikrofon ponsel kamu untuk mendengarkan nadamu, memberi kamu penanda real-time visual untuk melacak keakuratanmu.

Aplikasi ini bahkan menyediakan latihan berdasarkan kemampuan Kamu untuk terus berbicara, dan memberi kamu pengingat setiap hari untuk berlatih. Yang ini gratis lho.

4. Tenuto

Tenuto tidak mengajarkan teori musik kepada kamu, tapi ini adalah alat yang fantastis untuk menyempurnakan secara intensif dan memperkuat apa yang telah kamu pelajari.

Aplikasi ini menampilkan serangkaian latihan mendengar untuk catatan, akord, interval, dan sisik. Gratis.