WAGON

Hasanal Bolkiah, Sultan Dermawan dari Brunei Pemilik 7000 Mobil Mewah

tennis1

Sultan Hasanal kerap membantu rakyatnya terutama saat hari besar umat Islam

Photo: Sultan Hasanal Bolkiah. (getty images)

LAKEYBANGET.COM - Guys, apa yang akan kalian lakukan jika memiliki harta berlimpah? Mengoleksi mobil mewah, plesiran ke berbagai destinasi wisata dunia, membeli jet pribadi atau memakan makanan termahal setiap harinya?

Opsi pertama rupanya dilakukan oleh pemimpin negara Brunei Darussalam, Sultan Hasanal Bolkiah. Sang Sultan memang didapuk sebagai salah satu orang terkaya di Bumi. Hal itu lantaran Brunei dikenal sebagai negara makmur berkat penghasilan di sektor minyak dan gas.

Tak tanggung-tanggung, menurut majalah mobil Inggris “Autocar”, Sultan Hasanal memiliki paling sedikit 5.000 mobil, dimana kabar terakhir menyebut jumlahnya mencapai 7.000 mobil. Mobil-mobil yang dimilikinya juga bukan sembarang mobil, melainkan memiliki berbagai kelebihan seperti unik, legendaris, langka maupun mewah.

Deretan mobil supercar yang terparkir di garasi Istana Sultan diantaranya McLaren F1, Ferrari FX, Mercedes-Benz CLK GTR, Porsche 959, Porsche Carrera GT, Lamborghini Diablo Jota, Lamborghini Murcielago LP640 dan dan mobil tercepat 2010 versi Super Cars, Bugatti Veyron. Bahkan untuk McLaren F1, ia memiliki sebanyak delapan unit.

Selain itu, sang Sultan juga memiliki enam Rolls-Royce Phantom anti peluru yang sangat langka. Kemudian, yang juga ramai dibicarakan yakni kemunculan Rolls-Royce Silver Spur Limo. Mobil tersebut berbeda dengan mobil sejenis, dimana mobil mewah itu diberi lapisan emas 24 karat.

Jiika dirupiahkan, Rolls-Royce Silver Spur Limo bertakhtakan emas tersebut bernilai hingga Rp. 179,8 miliar. Tak kurang dari USD 20 miliar digelontorkan sang Sultan untuk kegemarannya akan otomotif. Jika mengikuti kurs Rupiah terhadap Dollar di angka Rp. 12.850, maka jumlah tersebut setara dengan Rp. 257 triliun.

Ribuan mobil mewah tersebut diparkir pada 5 garasi raksasa di sekitar istana kerajaan. Selain itu, mobil mewah miliknya tidak semuanya ada di Brunei, melainkan juga di beberapa negara yang akan dipakai saat sultan berkunjung.

Namun di balik semua kemewahan Sultan yang memiliki kekayaan Rp. 261 triliun ini, rakyat Brunei mengenalnya sebagai Sultan yang sangat dermawan. Ia tak segan membantu rakyatnya yang kesusahan.

Ia kerap membantu biaya hidup keluarga yang kurang mampu untuk sekedar memberi modal usaha. Raykat yang kurang mampu dipersilahkan menulis surat yang ditujukan kepada Sultan Hasanal.

Untuk membantu rakyatnya, Sultan membentuk Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah (YSHHB) pada 5 Oktober 1992. Yayasan ini menyalurkan bantuan dalam berbagai bidang, mulai keagamaan hingga pendidikan.

Sultan juga selalu membagi-bagikan uang saat hari besar umat Islam, seperti Isra Miraj. Bahkan tak hanya bagi rakyat Brunei, Sultan juga kerap membantu warga negara lain dengan rasa kemanusiaannya yang tinggi.

Seperti ketika musibah gempa dan tsunami tahun 2004 melanda Aceh. Sultan Hasanal menjadi pemimpin negara pertama yang menjejakkan kaki di bumi Serambi Mekah itu. Dirinya menyumbang sebesar Rp. 23,5 miliar lewat yayasan yang ia bentuk.

Sosoknya semakin terkenal sejak Brunei menjadi negara yang melaksanakan syariat Islam secara penuh termasuk hukum Islam (hudud) pada tanggal 22 Oktober 2013. Pasalnya, para pegiat HAM internasional segera mengecam langkah Sultan.

Kemudian, tepat tiga bulan setelah penerapan Syariat Islam yakni bulan Januari 2014, ladang gas besar ditemukan di perairan perbatasan maritim Brunei Darussalam dan Malaysia. Cadangan gas berlimpah itu dinyatakan cukup untuk 70 tahun, sehingga mengokohkan Brunei sebagai negeri makmur nan kaya minyak dan gas bumi.


Most Popular