WHAT`S UP

Tips Cegah Ponsel Meledak

tennis1

Karena kebutuhan komunikasi yang tinggi, kadang kita tidak menyadari bahaya yang mengintai dari ponsel

Photo: Ilustrasi. (ist)

LAKEYBANGET.COM - Telepon seluler (ponsel) merupakan alat komunikasi paling populer abad 21 ini. Bahkan, ponsel menjadi barang 'wajib' yang tidak bisa dilepaskan dari keseharian seseorang.

Namun, akibat penggunaan yang tidak benar, ponsel bisa mengancam keselamatan penggunanya. Meledak! Ya, di berbagai belahan dunia, banyak ditemukan kasus ponsel meledak dan membuat penggunanya menderita luka bakar yang cukup serius.

Lantas, apa saja yang harus anda perhatikan untuk mencegah agar ponsel kesayangan tidak meledak dan melukai orang-orang terkasih? Berikut tipsnya yang dilansir dari Tech Advisor:

1. Gunakan Charger Vendor

Gunakanlah charger yang disediakan oleh vendor ponsel yang anda miliki. Hal itu bertujuan mengantisipasi ketidaksesuaian daya.

Selain itu, lepaskan kabel saat baterai ponsel terisi penuh. Apabila ponsel kepanasan, maka dapat mengakibatkan korslet yang dapat membuat ponsel meledak.

2. Letakkan Ponsel di Tempat Aman

Ketika sedang mengisi daya, orang kerap kali tetap memainkan ponsel sambil berbaring di tempat tidur. Masalahnya, akan sangat berbahaya jika pengguna terlelap dengan kondisi ponsel yang sedang mengisi daya tergeletak di tempat tidur.

Berkaca pada kejadian tahun 2017 silam, dimana seorang ibu hamil terluka saat ponsel Samsung Galaxy S5 miliknya meledak ketika diisi daya di dekat kasurnya. Meski telapak tangan korban terkena luka bakar yang cukup parah, beruntung nyawa sang ibu dan kandungannya selamat.

3. Hindari Ponsel Panas

Ponsel yang terus-menerus digunakan dalam keadaan panas dapat memicu ledakan. Kurangi kinerja ponsel dengan memanfaatkan software pendingin bawaan yang biasanya akan menutup aplikasi yang berjalan di latat belakang.

Cara paling efektif tentu menghentikan pemakaian jika ponsel terasa panas dan melepas pelindung ponsel untuk mempercepat pendinginan, selain menghindari pengisian daya yang berlebih.

4. Hindari Tekanan Pada Ponsel

Ponsel yang terjatuh dapat mengakibatkan kerusakan sehingga memicu korslet. Terutama bila kualitas baterainya tidak baik.

Ternyata selain karena terjatuh, ponsel yang posisinya tergencet karena diduduki juga dapat mengakibatkan baterai menjadi bocor yang berakibatkan ledakan ponsel.

5. Jika Ditemukan Kasus Ponsel yang Sama Meledak, Ganti!

Jangan ambil resiko untuk bertahan menggunakan jenis ponsel yang sama, ketika ditemukan kasus meledak dialami orang lain. Terutama jika tidak ditemukan alasan yang kuat bahwa ponsel tersebut meledak akibat penggunaan yang salah.

Dengan kata lain, pabrikan ponsel berada di balik itu. Bahkan nama sekelas Samsung sampai harus menarik produk Galaxy Note 7 dari peredaran karena banyaknya ditemukan kasus ponsel tersebut meledak. Bagaimanapun, keselamatan lebih penting dari uang.