WHAT`S UP

Berikan Kesan Pertama Terbaikmu

tennis1

Agar kamu diterima kerja atau kamu bisa menjalin kerjasama bisnis atau sosial dengan orang lain, maka berikan kesan pertama sebaik mungkin agar jalanmu terbuka

Photo: (c)insiders-technologies.de

LAKEYBANGET.COM- Membuat kesan pertama yang baik benar-benar penting. Terutama buat kamu yang sedang menghadapi masa-masa awal dalam karirmu. Saat kamu menghadapi wawancara kerja, atau saat kamu ingin menjalin kerjasama dengan seseorang baik untuk urusan bisnis maupun sosial. Dapat atau tidak pekerjaan, terjalin atau tidaknya kerjasama, salah satunya terganatung dari kesan pertama orang lain terhadapmu.

Yang penting pede? Penampilan percaya dirimu akan membuka jalan buat terbukanya peluang dan kesempatan baik. Tentu saja pede itu penting. Namun, kesan terlalu pede juga bisa berakibat sebaliknya lho Guys. Jadi harus pas banget setelan pedenya. Itu yang harus kamu perhatikan dan kembangkan dalam kepribadianmu.

Hanya perlu sekilas sekilas seseorang untuk mengevaluasi kamu saat pertama kali bertemu. Tidak selalu benar apa yang mereka lihat tentangmu dalam waktu sekilas itu. Namun apa boleh buat, di kehidupan yang makin sibuk ini, orang tak punya banyak waktu untuk menilai siapa yang akan direkrutnya sebagai pegawai atau siapa yang akan diajak kerjasama. Hanya dalam hitungan detik, orang tersebut membentuk opini tentang kamu.

Bahasa tubuh kamu, penampilan dan sikap kamu menjadi jendela bagi penilaian orang lain. Dalam banyak hal, ukuran-ukurannya sangat relatif. Mungkin tidak bisa dirumuskan dengan kata-kata. Namun bisa dilihat dan dirasakan. Apakah kamu nervous alias grogi, atau mungkin sebaliknya. Apakah kamu rapi dan disiplin, atau sebaliknya. Apakah kamu ramah sekaligus tangguh atau sebaliknya. Kesan pertama yang buruk atau bagus benar-benar dapat membuat perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan.

Selalu ada waktu untuk mempersiapkan diri. Semendadak apapun, luangkan waktu untuk menarik nafas yang dalam, menata fikiran dan hati, dan meyakinkan diri kamu. Hanya perlu hitungan detik untuk bersiap.  Kamu perlu memikirkan bahasa tubuh, ekspresi wajah, kontak mata, suara dan postur tubuh kamu.

Ada beberapa hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membantu kamu menemukan dengan baik selama pengenalan pertama itu. Jadi, berikut adalah beberapa tip praktis yang bisa kamu mulai berlatih langsung;

Jarak - Jangan membuat orang merasa tidak nyaman dengan terlalu dekat dengannya saat kamu menjabat tangan. Dengan kata lain cobalah untuk tidak menyerang ruang pribadi mereka. Hal ini dapat mengalihkan perhatian mereka atau membuat mereka merasa berada di bawah tekanan. Pada saat yang sama, jangan berdiri begitu jauh sehingga membuat tangan mereka canggung. Temukan saja jarak yang terasa nyaman.

Ekspresi wajah - Ekspresi wajah kamu mengirimkan banyak pesan. Tujuan kamu adalah memastikan semua pesan ini positif. Cobalah tersenyum dan berekspresi positif saat kamu mengenalkan diri. Beberapa orang melakukan ini secara alami karena kepribadian mereka, ada pula yang harus ‘merekayasa diri’. Tentu dalam arti positip, dari memperbaiki ekspresi wajah kamu bisa memperbaiki kepribadianmu.  

Suara - Cobalah untuk berbicara dengan jelas dan cukup keras. Berapa banyak orang bergumam atau berbicara begitu pelan sehingga kamu tidak bisa mendengar apa yang mereka katakan. Kamu tentu tidak mendengar nama mereka. Jadi, sadarilah ini dan berlatih berbicara dengan jelas dan mungkin sedikit lebih keras dari biasanya. Apalagi bila selama ini kamu menganggap diri kamu orang yang pendiam.

Jabat tangan – Jabat dengan mantap, tetapi jangan terlalu kuat. Buat orang yang kamu jabat bahagia. Ada banyak orang yang sering menunjukkan kehangatan saat berkenalan. Dia ingin menunjukkan keinginan bersahabat dan bahkan persaudaraan. Namun, hal itu justru sering membuat orang lain menjadi kurang nyaman. Bagaimanapun mereka baru pertama kali bertemu, maka kehangatan yang dihadirkan tidak bisa dipaksakan.

Kontak mata - Kamu bisa memberi makna besar dengan kontak matamu. Beberapa orang merasa sangat sulit untuk melihat mata seseorang saat mereka mengenalkan diri mereka. Jangan sampai ini terjadi padamu, guys. Pandanglah orang langsung di matanya untuk menyampaikan pesan bahwa kamu yakin, kamu merasa nyaman dan kamu senang bertemu dengan mereka.

Pesan - Apa yang kamu katakan saat mengenalkan diri kamu kepada orang lain? Penting bagi kamu untuk memberi tahu orang itu nama kamu. Beberapa orang lupa. Dengarkan kapan mereka memberi tahu nama mereka kemudian ingat dan gunakan saat kamu menghadapinya, terutama jika ini adalah situasi kerja.

Postur - Sadar akan postur tubuh kamu. Jadi lakukan yang terbaik untuk berdiri tegak. Cobalah tarik bahu kamu secara fisik dan angkat dagu saat kamu memperkenalkan diri. Ini akan mengirimkan pesan yang jauh lebih positif.

Mintalah pendapat teman - Pikirkan tentang bagaimana penampilan dan suaramu saat kamu memperkenalkan diri kepada orang lain. Ada baiknya kamu meminta teman dekatmu untuk mengamati saat kamu memperkenalkan diri dengan orang lain. Lalu mintalah saran dan penilaiannya. Karena cara berkenalanmu biasanya akan kamu lakukan dengan cara yang khas, begitulah caramu berkenalan, begitulah caramu saat bertemu pertama kali dengan orang lain.  

Rapi & datang tepat waktu - Pastikan kamu berpakaian dengan tepat untuk acara ini dan terlihat bersih dan rapi. Bersikap sopan dan muncul tepat waktu, dengan cara itu kamu cenderung tidak terlihat terburu-buru atau tertekan karena kamu masuk dengan sikap tenang dan terukur. Ini mungkin tampak tip yang sederhana tapi begitu banyak orang melupakan dampak yang bisa mereka dapatkan.