WHAT`S UP

Internet vs Prestasi Akademik?

tennis1

Coba ruangguru dan quipper untuk mendongkrak  Prestasi Akademikmu

Photo: youtube

KEASYIKAN bermain game, nonton film dan bermedsos bisa menjadikan prestasi akademikmu jeblok. Karena semua bisa diakses dengan mudah kamu jadi sering terlena menimati indahnya dunia maya. Waktu berlalu dan tiba-tiba saja masa ambil rapor datang. Eh, nilai rapormu ternyata mengecewakan?

Ah, jangan cuekin aja. Tapi juga jangan putus asa. Segera evaluasi diri. Lalu bikin rencana untuk membenahi prestasimu, Guys.

Internet sebagai ‘penyedia segala’ tak mungkin dimusuhi. Penggunaannya saja yang harus di atur dengan disiplin. Kamu bisa disiplin bila kamu punya energi yang bahan bakarnya ambisi atau cita-citamu. Cita-cita yang akan menuntunmu untuk maju, mengalahkan kemalasan dan kelalaian.

Salah satu tips yang ingin LakBan bagi adalah mengeksplorasi internet sebagai media pembelajaran. Disamping pengetahuan umum dan perkembangan dunia terkini di situs berita atau situs keren semacam National Geographics, kamu harus coba untuk membuka internet yang memang terkait dengan materi pelajaran di sekolahmu.

Hingga penjelasan yang belum bisa kamu serap dari guru dan buku pelajaran bisa kamu dapatkan. Mungkin ortumu juga belum ada waktu untuk membantumu belajar di rumah. Misalnya melalui situs Quipper.com atau Ruangguru.com. Memang tidak gratis, namun kamu bisa minta informasi ke gurumu untuk mengaksesnya. Quipper.com biasanya bekerjasama dengan sekolah.  Sementara Ruangguru.com sudah menjalin kerjasama dengan beberapa pemerintah daerah.

Yang paling sederhana adalah dengan memanfaatkan youtube. Di situs berbagi video ini kamu bisa mendapatkan banyak video yang terkait dengan materi belajarmu. Misalnya matematika. Pelajaran ini memang seringkali membutuhkan bantuan turor untuk memahaminya. Bukan berarti pelajaran lain tidak, lho. Nah, keterangan yang diberikan dalam bentuk video ini, apalagi disertai animasi, biasanya akan menarik dan mudah difahami.

Kelebihannya, kamu bisa mencari materi per-bab dengan contoh penyelesaian soalnya. Ini akan sangat membantumu. Karena penjelasan yang diberikan biasanya sudah berdasarkan survei tentang soal yang sering muncul dalam ujian selama 5 tahun terakhir. Artinya, materi yang disampaikan memang penting. Bukan berarti kamu hanya belajar ala trik hdapi ujian lho. Kamu tetap harus belajar konsep dasarnya, hingga fondasi pengetahuanmu kokoh.

Yang penting, kamu tidak hanya menggunakan kemudahan di era internet ini untuk entertainmen atau menikmati hiburan belaka. Belajar pun bisa menjadi semakin asyik. Hingga kamu tetap bisa berprestasi. Bahkan sedapat mungkin kamu harus berambisi untuk menjadi yang terbaik di kelasmu. Dengan cara yang jujur dan fair tentunya.  

Aplikasi ruangguru telah digunakan oleh 7,7 pengguna sejak diluncurkannya tahun 2014. Hebat kan guys? Ternyata internet bisa mendorong kamu berprestasi secara akademik lho. Termasuk mampu mengatasi masalah tenaga pengajar yang belum merata baik jumlah maupun kualitas atau kemampuannya.

Sebagai terobosan dalam mobile based learning, ruangguru telah mendapat apresiasi dari banyak kalangan dari dalam dan luar negeri. Kesepakatan dan kerjasama mereka dengan berbagai fihak juga semakin banyak. Nah, kenapa kamu gak coba. Kalaupun bayar cuma dengan transaksi yang mudah. Kamu cukup membeli koinnya.

Sementara Quipper School adalah sebuah platform online gratis untuk guru dan siswa. Quipper School terdiri dari dua bagian: LINK untuk guru, dan LEARN untuk siswa. Quipper School Link adalah tempat di mana guru dapat mengelola kelas secara online dan melihat perkembangan siswa.

Menurut informasi di situsnya, ada hal-hal menakjubkan yang dapat dilakukan guru saat menggunakan Quipper School Link: Mengirim tugas dan ujian, membuat konten edukasi, melihat dan mengunduh analisa, bekerja sendiri atau bersama-sama.

Jadi, tunggu apa lagi. Jadikan momen terima rapor UTS kali ini sebagai bahan evaluasi. Dan gunakan internetmu dengan bijak. Manfaatkan informasi di atas ya, Guys. Semoga prestasimu semakin maju..