WHAT`S UP

Kenali Beragam Jenis Kucing

tennis1

Dengan mengenal binatang ini, kamu akan belajar menyayangi

Photo: (c)kucingpedia

 

MUNGKIN kamu sudah nonton film Kedi. Film dokumenter dari Turki tentang kucing. Film itu sangat menarik dan mendapat apresiasi dari banyak kalangan. Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan yang sangat populer. Terlebih di kalangan masyarakat muslim.

Diriwayatkan bahwa Nabi SAW memiliki seekor kucing bernama Muezza. Salah satu sifat Mueeza yang Nabi sukai ialah ia selalu mengeong ketika mendengar adzan, dan seolah-olah suaranya terdengar seperti mengikuti lantunan suara adzan. Kepada para sahabatnya, Nabi berpesan untuk menyayangi kucing peliharaan, layaknya menyayangi keluarga sendiri.

Di lingkungan tempat tinggal kita, kucing seringkali masih mengalami stigma dan penderitaan. Banyak kucing kampung tak bertuan yang terlantar. Beranak pinak dan tak mendapat tempat hidup layak. Sering pula mengalami perlakuan kasar dengan alasan si kucing mencuri ikan atau makanan dari dapur kita.

Namun, tak sedikit pula diantara kamu atau temanmu yang sayang dan hobi memelihara kucing. Merawatnya dengan sepenuh hati dan menganggapnya seperti bagian dari keluarga. Kucing memang menggemaskan. Berbulu lembut dan punya insting kuat untuk disayangi manusia.

Agar kamu sayang pada kucing, ada baiknya kamu kenali berbagai jenis kucing. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang.

Diantara berbagai jenis kucing yang banyak dipelihara, peringkat pertamanya ditempati oleh Kucing Persia. Kucing ini  memiliki rasa kasih sayang dan kesetiaannya teruji. Ada berbagai jenis, seperti Persia Peaknose, Persia Flatnose, Persia Himalaya dan Persia Medium.  Ciri umumnya adalah wajah bulat, hidung pesek, kaki yang pendek dan memiliki bulu yang panjang.

Yang mirip dengan Kucing Persia adalah Kucing Garfield. Kucing ini umumnya memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan ras Persia, namun yang membedakan dari kedua kucing tersebut ialah pada bagian bulu kucing Garfield yang sangat exotic karena lebih pendek ( keturunan ras American Shortair ). Kucing jenis Garfield memiliki ciri pada bagian hidung yang lebih pesek, bulu yang pendek, dahi lebar serta mata yang bulat dan besar.

Selanjutnya ada Kucing Siam. Kucing ini mempunyai tubuh yang elegan, ramping, fleksibel dan tampak berotot. Kepala berbentuk segitiga dengan hidung yang tipis. Mata cenderung berbentuk almond. Rambut pendek, berkilau, halus, lembut, ketat dan melekat pada tubuh. Kucing ini memiliki tubuh yang ramping dan atletis dengan telinga yang besar. Mereka berbulu pendek dan sangat senang dibelai. Mereka sangat cerdas, setia dan hanya dekat dengan satu orang yaitu majikannya.

Kucing Abyssinian adalah jenis kucing berikutnya. Kucing ini merupakan salah satu kelompok kucing tertua di dunia. Banyak sumber mengatakan asal kucing ini berada di sekitaran Mesir dan sudah hidup di zaman kerajaan Mesir. Kelompok kucing jenis ini mempunyai kecerdasaan yang cukup tinggi dan mudah dilatih.

Kepala abyssinian memiliki bentuk kepala segitiga dengan sudut agak berbentuk bulat. Salah satu ciri khas kucing ini juga terdapat pada pola warna bulunya yang berbintik-bintik yang sering di sebut Ticket Agouti.

Ada lagi kucing Manx. Yang ini termasuk salah satu ras kucing dengan harga termahal di dunia karena memiliki perbedaan di ukuran ekornya, Manx mempunyai ekor lebih pendek dari ras kucing lainnya. Kaki belakang Manx lebih panjang daripada kaki depan dan kucing ini memiliki variasi warna yang berbeda-beda tetapi hanya warna putih yang sangat langka di temukan.

Kucing Angora beda lagi. Angora memiliki ciri fisik di bagian hidungnya yang mancung dan bentuk badannya yang semampai sehingga kucing ini memiliki karakteristik yang sungguh luar biasa dan sangat anggun ketika saat berjalan dan melakukan aktivitas lainnya. Kucing jenis ini di duga kuat berasal dari Turki, karena sesuai namanya yang di sebut Angora yang berasal dari sebuah nama kota di Angkara.

Kucing Sphynx termasuk jenis kucing yang unik. Bulu pendeknya membuat kucing ini tidak bisa lama terpapar sinar matahari. Di balik wajah dan bentuk fisiknya yang sangar, ternyata Sphynx memiliki sifat yang sangat ramah, lembut dan suka mencari perhatian majikannya.  Kucing Sphynx merupakan kucing yang aktif, mudah akrab bahkan dengan anjing dan sangat suka bermain.

Masih banyak jenis kucing yang lain. Kamu bisa memperluas wawasanmu dan mulai peduli dengan kucing-kucing yang ada di sekitarmu ya.