WHAT`S UP

Mencari Aplikasi Edit Video Ringan Untuk PC

tennis1

Konten video semakin menggeser jenis konten lainnya. Video yang bagus memerlukan sentuhan editing, dan kamu bisa memilih piranti lunak yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Photo: (c) youtube

Berbagi video bisa mendatangkan uang. Walaupun ada beberapa catatan. Misalnya bagi mereka yang potensial memonetisasi videonya di Youtube. Sebagaimana dikutip Kompas.com, peraturan YouTube Partner Program (YPP) untuk kanal-kanal berisi video yang menyelipkan iklan diubah. Untuk bisa mendapatkan pendapatan dari iklan, sebuah video kini harus mengumpulkan setidaknya 4.000 jam waktu tonton (watch time) dalam 12 bulan terakhir dan memiliki 1.000 subscriber.

Untuk menghasilkan video yang bagus, apalagi yang viral tentu isi dan penyajiannya juga harus bagus. Untuk menyajikan video yang bagus, perlu proses editing. Kamu bisa mengeditnya di PC maupun di android. Kali ini kita akan bahas dulu yang versi PC ya!

Apa sih yang dapat kamu lakukan dengan software edit video PC ? Yang terpenting dalam editing adalah memotong maupun menggabungkan beberapa video atau film.  Yang kedua,merubah kualitas video. Yang ketiga, memberi efek video. Dan masih banyak fitur lain yang bisa kamu gunakan.

Pilihlah aplikasi video editing yang ringan. Aplikasi yang berat, maka proses rendering / editing pun tidak bisa berjalan secara maksimal. Apalagi bila PC mu tergolong spesifikasinya rendah. Seiring waktu kamu dapat meningkatkan spesifikasi PC kamu dan beralih ke piranti lunak yang lebih berat. Semakin lengkap fiturnya, biasanya semakin berat atau besar ukuran aplikasinya.

Berikut daftar software tersebut :

Windows Movie Maker

Bagi kebanyakan dari kita, pengeditan video mungkin akan terlihat rumit alias perlu kerja ekstra.  Windows Movie Maker disusun dan dikembangkan untuk membuat hal itu sederhana. Dan kesederhanaan ini benar-benar menjadi ciri khas program ini di setiap aspek. Setelah kamu mengunduh dan menginstal Windows Movie Maker (bagian dari Windows Essentials), Kamu akan dapat membuat dan mengedit film Kamu sendiri tanpa kesulitan.

Sangatlah mudah untuk mengimpor video yang ingin kamu kerjakan pada program ini, baik dari perpustakaan mediamu atau secara langsung dari piranti pembuatan filmmu. Setelah berada dalam program, dengan mudahnya  membuat film kamu sediri dengan menambahkan video klip ke dalam waktu yang tepat.

Kamu kemudian dapat dengan mudah memilih AutoMovie Theme dan program akan menyelesaikan sisanya untukmu. Namun, kamu dapat dengan mudah melakukannya juga secara manual, dan menambahkan efek apa saja yang kamu perlukan.

Kamu bisa memotong dan menyeimbangkan, dan memindahkan klip ke sekitarnya, menambah dan mengganti trek musik, menyisipkan gambar diam, menambahkan teks, judul, dan bab yang memudar dan berhamburan, lebih banyak lagi.

Ajaibnya, semua itu dengan cara mudah dan intuitif, yang membuat semuanya lebih menyenangkan untuk dipakai. Dan kemudian, ketika filmmu sudah persis sesuai dengan apa yang kamu inginkan, juga sangat mudah untuk memakai Windows Movie Maker untuk membagikannya kepada dunia melalui media sosial.

Pendeknya, inilah program hebat bagi pembuat film amatir. Beberapa fitur seperti animasi, visual efek, memasukkan clip suara maupun menyisipkan foto dan dalam video yang kalian edit juga bisa. Dengan adanya fitur tersebut dijamin akan menghasilkan karya video yang cukup bagus.

Pinnacle Studio

Pinnacle Studio tidak gratis. Harganya mulai USD 54,95 atau sekitar Rp 750 ribu. Pinnacle Studio merupakan software edit video terbaik yang paling banyak digunakan oleh para kreator video handal. Dimana dalam aplikasi ini memiliki kemampuan editing 6 track, lebih dari 1500 efek, transisi, maupun template yang bisa kita padukan kedalam karya video.

Di versi terbarunya terdapat fitur Seletive Color, split screen video, dan multi-camera video. Fitur selective Color dapat menjadikan obyek yang menjadi fokus memiliki warna yang mencolok dan obyek lainnya menjadi background dengan warna hitam-putih. Fitur split screen video dapat menampilkan beberapa video stream secara simultan, mirip collage foto, dan biasa digunakan untuk membuat video promo yang impresif. Fitur Multi-cam ini bisa menkombinasikan footage dari beragam perangkat untuk membuat video yang lebih dinamis.   

Camtasia

Camtasia bisa dilirik di situs techsmith.com. Lebih ditujukan bagi pembuat video training dan keperluan marketing serta demo. Software ini dapat merekam pergerakan mouse, memperlihatkan atau merekam keystroke, manambah catatan dan anotasi. Semua itu untuk memudahkan pengguna.

Disamping itu juga memiliki kemudahan drag-and drop video editor yang menampilkan setiap efek dan elemen dapat di drop dan langsung mengedit di jendela baru. Lalu videomu pun siap di sebarkan dengan resolusi 4K.

Disamping itu juga ada fitur motion graphics untuk transisi antar sequence, serta fitur music tracks yang memuat musik gratis untuk membangun suasana videomu.

Pilihan lainnya adalah aplikasi atau piranti lunak seperti Blender (dengan fasilitas animasi 3D) CyberLink PowerDirector Deluxe, VideoPad Video Editor, Virtualdub (open-source) , dan Avidemux.  Masing-masing memiliki keunggulannya. Tinggal kamu mencoba dan memilihnya. Selamat berkarya!