WHAT`S UP

3D Metal Printer, Wow!

tennis1

Teknologi Digital memungkinkan produsen barang berbahan metal mencetak produk atau suku cadang sesuai pesanan. Tak perlu menyimpan stok.

Photo: (c) 3Dprint.com

SELAMA ini kita sudah akrab dengan printer digital. Yang dimaksud adalah printer yang akan mencetak tulisan atau gambar dua dimensi di kertas, plastik atau material lainnya. Teknologi digital pun terus membuka kemungkinan hingga kita bisa mencetak desain yang kita buat dalam wujud 3 dimensi. Ibarat printer 2D yang telah menggantikan pelukis atau tukang sablon, maka printer 3D ini menggantikan pematung.  

Pencetak 3D dengan material plastik telah lazim selama beberapa tahun terakhir. Berbagai kemudahan dicapai dengan teknologi pencetak tiga dimensi ini. Terutama dalam merancang dan membuat prototipe. Mungkin produk aklhirnya akan dibuat menggunakan selain plastik. Namun karena sifatnya yang mudah dibentuk, maka plastiklah yang digunakan dalam tahap pembuatan prototipe.

Bagaimana dengan pencetak 3D untuk metal atau logam? Perkembangan selanjutnya dari teknologi digital dalam pencetakan 3D memasuki babak baru.  Ini akan membawa kemajuan yang sangat jauh dalam fabrikasi logam secara instan . Pendek kata, kemampuan untuk menciptakan struktur logam yang besar dan rumit sesuai permintaan dapat merevolusi manufaktur.

Pencetakan logam 3D memberikan kemampuan kepada produsen untuk membuat satu atau sejumlah kecil bagian logam jauh lebih murah daripada menggunakan teknik produksi massal yang ada.  Tak perlu  menyimpan persediaan suku cadang yang banyak, perusahaan hanya dapat mencetak bagian ketika pelanggan membutuhkannya.

 Teknologi ini juga dapat membuat bentuk kompleks tidak mungkin dengan metode lain. Ada 3 jenis metode pencetakan yaitu :

METAL BINDER JETTING 3D PRINTING dengan logam dimulai seperti proses pencetakan lainnya - dengan desain 3D yang mengagumkan dan alat pengiris yang memberitahu printer di mana kepala cetak harus menyimpan materi.

Serbuk logam diendapkan atau digulung dalam lapisan tipis dan zat pengikat seperti lem dikeluarkan dari kepala cetak di atas setiap lapisan. Lapisan bolak bubuk dan binder menyatu bersama dan mulai membangun ke atas untuk membuat objek. Proses ini diulang sampai semua lapisan objek selesai dari bawah ke atas. Proses ini bisa memakan waktu beberapa jam.

Bubuk di sekitar desain Anda yang tidak menyatu  dipisahkan dari model. Pada titik ini, model ini cukup rapuh karena sebagian besar diisi dengan udara dan sangat berpori. Anda kemudian dapat menempatkan model yang sudah selesai dalam oven pengawet di mana disimpan di 350 Fahrenheit selama 24 jam.

Panas ini menguap uap air dan mengeraskan pengikatan lem dari lapisan serbuk logam secara bersamaan. Setelah benar-benar mengeras dan didinginkan, itu bisa diisi dengan material seperti pengisi perunggu yang memberi kekuatan pada model. Tanpa mengisi bagian dalamnya dengan substansi logam lain, model ini masih cukup lemah dan tidak direkomendasikan untuk membuat bagian-bagian fungsional.

Pengikat pengikat memungkinkan untuk pencetakan warna dan juga bekerja dengan polimer dan bahan keramik. Prosesnya cukup cepat dibandingkan dengan metode pembuatan aditif lainnya, tetapi pemrosesan posting dapat memakan banyak waktu.

POWDER BED FUSION sangat mirip dengan metode yang pertama, namun bedanya pada penggunaan laser bersuhu tinggi atau berkas elektron yang digunakan. Laser meningkatkan suhu bubuk di area di mana desain sedang dibangun, menggabungkan bubuk logam dan menciptakan lapisan padat. Proses ini berlanjut hingga seluruh model selesai!

DIRECTED ENERGY DEPOSITION Proses ini menggunakan dua jenis material yang berbeda - kawat logam atau bubuk logam. Sebuah nosel yang bergerak ke berbagai arah (4-5 sumbu) mengembuskan serbuk logam atau bahan kawat lapis demi lapis. Setelah bahan disimpan, itu dilelehkan dengan sinar laser atau elektron. Proses ini berlanjut dan objek dibangun lapis demi lapis.

Meskipun proses ini biasanya digunakan untuk memperbaiki dan memelihara bahan logam yang ada, itu dapat digunakan untuk membuat objek dari awal.

Nah, kamu bisa cari tahu lebih banyak tentang perkembangan teknologi ini. Di masa depan, kamu mungkin bisa memesan desain produk yang unik sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Misalnya kursi dengan desain yang kamu mau dan ukuran yang sesuai dengan tubuhmu.