WHAT`S UP

Motivasi Kunci Pengusaha Muda Sejati

tennis1

Wujudkan langkahmu, gali inspirasi dan tanamkan motivasi untuk menjadi pengusaha muda sejati. Jangan surut karena kegagalan yang akan menjadikanmu besar di masa yang akan datang.

Photo: Sandiaga Uno

KAMU punya gagasan bisnis namun takut melangkah? Jangan ragu, banyak sumber di internet yang sangat bermanfaat dalam membangun semangat dan keberanianmu untuk mengawali ayunan langkahmu di dunia nyata. Ada segudang motivasi yang bisa memberimu ‘pelindung’ dari godaan untuk bersenang-senang belaka di masa muda.

Masih banyak anak muda yang belum punya orientasi untuk berwirausaha. Banyak yang lebih mengejar target untuk bekerja di perusahaan papan atas yang menjanjikan prestise dan gaji melimpah. Tak sedikit pula yang menganggap bahwa memulai usaha sangat sulit dan penuh resiko. HIngga takut waktu muda habis dan tak sempat menikmati hasil kerja.

Bahkan mereka yang memiliki nilai tinggi di sekolah juga punya orientasi karir sebagai karyawan. Baik yang lulusan SMK maupun mereka yang mengantongi ijazah diploma bahkan sarjana. Sebagian beralasan, dengan bekerja akan bisa mengumpulkan pengalaman dan modal. Kelak baru akan menggabungkan apa yang telah dimilikinya untuk mulai usaha mandiri.

Namun, berapa banyak yang menghabiskan sisa hidupnya untuk bekerja? Berapa banyak yang takut untuk keluar dari comfortzone alias zona nyaman? Itulah pertanyaan yang harus direnungkan oleh kamu, anak muda milenial.

Keberanian mengambil resiko dan keputusan memang belum punya akar kuat dalam masyarakat kita terkait urusan perut alias mata pencaharian. Sekian lama hidup dalam kolonialisme menjadikan semangat wirausaha merayap dan ketinggalan di buritan perkembangan dunia usaha.

Para perantau biasanya memiliki dorongan yang lebih kuat untuk mengembangkan entepreneursip atau kewirusahaan. Gengsi kalah dengan tantangan hidup dan cita-cita untuk sukses di negeri orang. Keberanian terbangun senafas dengan tekat ketika beranjak dari kampung halaman.

Modal utama adalah tekad dan integritas. TAKE ACTION WHEN ALL OTHERS SITTING ON THEIR HANDS ? Banyak pengusaha yang tidak terlalu berpatokan pada teori dan konsep. Yang penting bangun pagi, keluar rumah dan kerjakan sesuatu yang menghasilkan uang. Jangan malas bertanya dan menawarkan diri. Pasti ada rizki yang sudah diatur porsinya untuk kita jemput. Langkah tak boleh surut.

Integritas atau kejujuran juga menjadi modal yang penting. Kepercayaan orang lain terhadap barang atau jasa yang kita tawarkan dan komitmen kita dalam melayani dan menepati janji menjadi ‘jalan tol’ untuk menagguk keberhasilan bisnis di masa depan.

ETOS KERJA DAN KEBERANIAN ‘BERMIMPI’ menjadi pandu sekaligus pelita yang menyinari jalan panjang kesuksesan. Kamu tidak perlu menyebut dirimu sendiri sebagai pengusaha walau kamu sudah mulai menemukan jalan sebagai pengusaha. Dari setiap kesalahan dan kegagalan dalam berbisnis, kamu mendapat keuntungan yang luar biasa yaitu ilmu pengetahuan tentang bisnis yang sesungguhnya.

Mantapkan langkahmu dan insya Allah HASIL TAKKAN MENGKHIANATI PROSES!