WHAT`S UP

Aplikasi Untuk E Learning (Bagian 1)

tennis1

Manfaatkan aplikasi yang mendukung e-learning untuk memperbaiki nilai ujianmu

Photo: (c) apkpure.com

DARI mana kamu belajar tentang sesuatu? Tidak hanya dari aktivitas belajar -mengajar di sekolah formal kamu mendapatkan kesempatan belajar. Atau tidak hanya di kelas dengan cara tatap muka. Karena teknologi sudah menyediakan kemungkinan pembelajaran berbasis elektronik.

Belajar, pembelajaran, pengajaran dan sistem pendidikan menjadi salah satu isu utama yang akan semakin berperan dalam kehidupan manusia. Kekuatan SDM menjadi andalan bagi suatu bangsa untuk bertahan hidup dan mengalahkan bangsa lain.

Teknologi informasi menjadi tulang punggung perubahan peradaban manusia. Pembelajaran jarak jauh menjadi niscaya di zaman digital. Bahan ajar semakin banyak dan mudah terdistribusi. Buku cetak secara pelan tapi pasti muali tergantikan dengan dokumen-dokumen digital. Yang paling populer ya e-book dalam format .pdf.

Efisiensi dan pemerataan kesempatan belajar semakin meningkat. Semua orang bisa mengakses e-learning. Atau setidaknya kamu  bisa membantu orang lain untuk mengakses e-learning. Jumlah guru yang berkompeten mungkin terbatas, dengan e learning guru yang jumlahnya terbatas biosa menjangkau banyak pembelajar.

Mengakses sumber-sumber digital relatif semakin terjangkau. Semakin murah dan mudah. Hal ini tak boleh hanya berhenti menjadikan kita konsumtif dan hanya menggunakan internet untuk hal-hal yang nggak penting. Misalkan hanya untuk chatting, nonton video, dan menikmati berbagai hiburan yang tersedia. Internet akan sangat bagus dijadikan sebagai media pembelajaran. Dan itulah makna kehadiran e-learning.

Penggunaan e-learning yang luas  dan kreatifitas yang terus berkembang telah menunjukkan potensinya yang luar biasa. Sudah terbukti dengan respon yang tinggi atas kehadiran ruangguru.com, aplikasi snapask, quipper.com dan sebagainya.

Nah, penting buat kamu yang ingin belajar dengan memanfaatkan e-learning ini untuk mengetahui beberapa aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar dengan memanfaatkan e-learning.

Misalnya aplikasi Exam Vocabulary Builder. Aplikasi ini sangat bermanfaat buat kamu yang sedang belajar Bahasa Inggris, khususnya dalam memperbanyak hafalan kosa kata. Apalagi buat kamu yang ingin lolos ujian TOEFL dan sejenisnya. Aplikasi ini tidak hanya memberikan penjelasan tentang makna dari kosa kata yang kamu ingin ketahui, namun juga menyediakan contoh bagaimana penerapannya dalam kalimat.

Ada contoh soal dalam bentuk kuis untuk menguji kemampuanmu menyerap kosakata. Juga dengan teknologi cloud, kamu bisa mensinkronkan bahan ajar dan kemajuan belajarmu di berbagai piranti.

Quizlet juga menjadi salah satu aplikasi lainnya yang bermanfaat bagi kamu.  Quizlet adalah aplikasi web yang paling sederhana yang membantumu belajar tentang apapun, membuat rangkaian belajarmu sendiri, dan meningkatkan nilaimu melalui belajar dengan menggunakan flashcards. Apapun minatmu, misalnya pada pelajaran bisnis, fisika, kimia, matematika. Kamu bisa membuat diagram dan definisimu sendiri.

Aplikasi ini akan memberimu pengalaman yang menyenangkan dalam belajar. Saat kau menghadapi problem dalam memahami pelajaran di kelasmu, cobalah aplikasi ini. Mudah-mudahan nilai pelajaranmu akan meningkat ya Guys..

Selamat mencoba!