WHAT`S UP

Berpacu Membuat Batere Mobil Listrik (Bagian 1)

tennis1

Mobil Listrik menjadi pilihan saat Bahan Bakar Fosil semakin terbatas dan diperkirakan akan habis dalam 30 tahun mendatang

Photo: (c) futurecar

BAHAN Bakar Fosil diperkirakan akan segera habis. Sampai kapan tersedia? Berbagai sumber menengarai bahwa waktu yang tersisa tinggal 30 tahun lagi. Pada masa itu, kalaupun masih ada sisa-sisanya mungkin akan sangat mahal harganya.

Bahan Bakar Fosil juga menghasilkan emisi yang merusak lingkungan terutama mendorong pemanasan global. Manusia semakin sadar bahwa kerusakan lingkungan sudah semakin mengkhawatirkan. Hingga kebutuhan energi terbarukan semakin mendesak.

Maka lahirlah mobil listrik. Kajian dan risetnya cukup lama, namun secara komersial baru bisa diproduksi akhir-akhir ini. Persis seperti mobil bertenaga bahan bakar fosil. Mobil listrik tidak memiliki pipa knalpot dan gas, tetapi struktur keseluruhan pada dasarnya sama. Di bawah kap mesin, bukan mesin besar yang Anda lihat hanyalah motor listrik dan pengendalinya. Motor listrik tidak membutuhkan oli, tidak ada tune-up, dan karena tidak ada emisi knalpot, serta tidak memerlukan pemeriksaan kabut asap.

Mobil listrik sudah diproduksi dan dipasarkan. Istilah yang lebih populer adalah Electrical Vehicles (EVs). Sebelum itu ada mobil hybrid yang teknologinya memungkinkan penggunaan bahan bakar fosil dan listrik secara bergantian. Secara umum mobil hybrid dan mobil listrik yang ada di pasaran masih mahal.  

Mobil listrik  masih menghadapi beberapa kendala. Seperti batere yang masih mahal, cepat habis, dan bagaimana kelak mendaur ulang limbahnya. Sumber tenaga kendaraan listrik adalah baterai yang bertindak sebagai "tangki bensin" dan memasok motor listrik dengan energi yang diperlukan untuk menggerakkan kendaraan. Ini memberi akselerasi mobil.

Ketika kendaraan dalam keadaan idle tidak ada arus listrik yang sedang diproses, sehingga energi tidak habis. Kontroler berfungsi sebagai pengatur, dan mengontrol jumlah daya yang diterima dari baterai sehingga motor tidak terbakar. Baterai ini menggerakkan semua perangkat elektronik di dalam mobil, sama seperti baterai di dalam mobil bertenaga gas.

Segala sesuatu yang lain dalam mobil listrik pada dasarnya sama dengan yang bertenaga gas yakni transmisi, rem, AC, dan airbag. Karena kendaraan listrik menggunakan motor listrik, pengemudi dapat memanfaatkan momentum motor saat tekanan diterapkan pada rem. Alih-alih mengubah semua energi potensial di motor menjadi panas seperti mobil bertenaga bahan bakar fosil, mobil listrik menggunakan momentum ke depan motor untuk mengisi ulang baterai. Proses ini disebut pengereman regeneratif.

Apa saja jenis batere yang digunakan dan negara mana saja yang telah berinvestasi membuat batere untuk mobil listrik yang tahan lama, murah, dan cepat diisi ulang?

Simak di bagian kedua nanti ya Guys !