WHAT`S UP

Teluk Biscay dan Tantangan  Alam bagi Para Pelaut

tennis1

Badai dan Cuaca Ekstrem di Teluk Biscay menjadi lembaran kisah keberanian para penakluk lautan ganas.

Photo: peta dan ilustrasi badai Biscay

LAKBAN – Nyali para pelaut berlipat ganda dibanding mereka yang bekerja di darat? Mungkin ada benarnya. Di tengah laut, mereka mendapati tantangan yang tak sedikit. Kapal-kapal yang berlayar bagai noktah kecil di luasnya lautan. Bukan kemacetan yang dihadapi, namun badai dan cuaca ekstrem yang menghadang.   

Bagi kamu yang punya nyali dan suka tantangan, menjadi pelaut adalah salah satu pilihan terbaik. Kamu bisa menjelajah tujuh samudera. Mengenal berbagai bangsa baik di atas kapal maupun di kota-kota di berbagai belahan dunia. Salah satu tantangan yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan adalah melewati perairan yang dikenal ganas.

Diantara sekian banyak perairan ganas itu adalah Teluk Biscay. Terletak di Laut Celtic, jurang Samudra Atlantik timur laut disebut Teluk Biscay. Terletak di pantai utara Spanyol dan pantai barat  Perancis.  

Perairan ini memiliki kedalaman rata-rata teluk adalah 1745 meter dan kedalaman maksimum adalah 2790 meter. Cukup dalam ya?  Landas kontinen meluas ke teluk tersebut menjadi perairan yang cukup dangkal di beberapa tempat.

Mengapa Teluk ini diklasifikasikan sebagai perairan yang ganas? Beberapa kondisi cuaca terdahsyat di Samudera Atlantik dapat disaksikan di Teluk Biscay. Ini penyebabnya. Daerah ini adalah rumah bagi badai besar selama bulan-bulan musim dingin dan ada banyak sekali kapal yang tewas yang dilaporkan dari daerah itu sebagai akibat dari cuaca yang mengerikan.

Akhir musim semi dan awal musim panas di daerah ini dingin dan berawan dan kabut besar mengisi bagian selatan-barat mulut Teluk. Cuaca ekstrem sangat sering terjadi.  Saat musim dingin dimulai, cuaca berubah menjadi keras dan parah. Depresi terbentuk dan masuk ke teluk dari barat. Mereka akhirnya menjadi kering dan terlahir kembali dalam bentuk badai petir.  

Mereka juga membawa hujan terus-menerus di wilayah tersebut sering membawa badai petir yang terlihat seperti badai dan tabrakan di teluk. Ada beberapa insiden yang dilaporkan tentang kapal dagang yang kehilangan arah dalam badai Biscay.Kapal yang menuju ke Mediterania memilih pilihan seperti sungai Prancis daripada mengambil rute dari Biscay Bay karena reputasi legendaris teluk.

Bukan sekarang saja Teluk itu ditakuti. Ini adalah kisah lama yang berasal dari awal Perang Dunia Kedua.  Kapal-U Jerman yang menguasai Teluk, kapal-kapal  Inggris dan Amerika dilaporkan tenggelam yang memasuki perairannya. Ada sebanyak 15.000 korban dan 5.000 kapal lain yang tenggelam.

Meskipun ada bahaya yang dihadapi oleh kapal-kapal itu, mereka tidak punya pilihan selain mengambil rute untuk mencapai dengan persediaan terbatas serta sisa pasukan ke Prancis.  

Bagi para pelaut, Teluk ini menjadi salah satu tantangan yang harus ditaklukkan. Bukan tak mungkin kamu bisa mencapai ke sana bila kamu menekuni profesi pelaut. Mau?