WHAT`S UP

5 Bangunan Berarsitektur Paling Unik

tennis1

Arsitektur bangunan yang unik bisa menjadi inspirasi untuk kamu agar berani berimajinasi

Photo: crooked house

LAKBAN- Dari banyak ‘kegilaan’ dalam kreatifitas kamu bisa mendapatkan inspirasi.  Banyak orang yang membuktikan dirinya mampu mewujudkan sesuatu yang lain dari yang lain. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk bangunan. Dan para arsitek yang fenomenal berada dibalik sejarah berdirinya bangunan yang menopang citra kota dan negara dimana bangunan tersebut didirikan.

Ini lima diantara bangunan unik yang layak kamu ketahui dan siapa tahu kamu berminat dan berkesempatan mengunjunginya :

1. The Crooked House, Polandia

Kamu  penasaran dengan rumah hantu? Ini dia referensi paten Lakban buat kamu. The Crooked House atau yang diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Rumah Bengkok. Perancang bangunan tersebut adalah Szotynscy dan Zaleski, sumber inspirasi mereka adalah   The Crooked House sebagaimana yang tergambar dari dongeng  Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg.

Bangunan yang memiliki desain unik tersebut ternyata adalah sebuah tempat perbelanjaan yang berada di downtown kota Sopot. Polandia. The Crooked House sendiri adalah salah satu bagian dari Rezydent Shopping Center.  The Crooked House pertama kali dibangun pada tahun 2004, dengan luas mencapai 4.000 meter persegi.

2. Crazy House, Vietnam

Yang ini gak jauh-jauh. Kamu bisa nabung dulu kalau ingin berwisata ke sana. Banyak penerbangan promo murah yang bisa kamu pesan jauh-jauh hari.   

Bangunan berarsitektur unik ini ada di Vietnam. Bangunan yang sangat unik tersebut bernama Crazy House. Di Vietnam, negara asal Crazy House berasal, bangunan tersebut lebih dikenal dengan nama Hang Nga Guesthouse.

Berada di kota Da Lat, bangunan tak biasa tersebut dirancang dan dibangun oleh seorang arsitek asal Vietnam yakni Dang Viet Nga. Menurutnya  bangunan dirancangnya ala rumah dongeng. Rancangannya diselaraskan dengan lingkungan dan alam sekitar.

3. Turning Torso, Swedia

Turning Torso itulah nama yang diberikan untuk gedung yang tampak seperti meliuk atau berputar ini. Rancangan bangunan ini sungguh ‘out of the box’. Berani beda dan mengesankan. Imajinasi  arsiteknya bolehlah diacungi dua jempol. Kreatifitasnya menjadi buah bibir di seluruh dunia.  

Adalah Santiago Calatrava yang memiliki ide gila untuk membangun sebuah gedung tinggi yang berputar.  Bangunan yang tak biasa ini memang unik.  Turning Torso menjadi bangunan tempat tinggal yang tertinggi di seluruh Swedia. Dari bawah sampai ke atas, Turning Torso dibuat memutar 90 derajat.

4. Kunsthaus, Swiss

Pergi ke Swiss? Wah, itu pasti menjadi impian banyak orang. Selama ini kamu mungkin mengenal  Swiss dari tim sepakbolanya yang sering tampil di ajang Piala Dunia. Swiss juga dikenal dengan industri keuangannya. Mau nyimpen harta karun, pilih Swiss saja.    

Namun, ada juga keunikan lain dari Swiss. Yaitu arsitektur bangunannya. Salah satunya adalah Kunsthaus yang memiliki bentuk yang sangat unik. Bentuk bangunan  tersebut seperti bangunan yang dibuat oleh alien, bukan manusia.

Kunsthaus adalah sebuah museum seni kontemporer yang memiliki bentuk "biomorphic". Bentuk biomorphicnya tersebut sangat menonjol , sangat jauh berbeda dengan arsitektur bangunan yang berada di sekitar Kunsthaus.

5. Dynamic Tower, Dubai

Dubai adalah sensasi. Bayangan tentang Jazirah Arab yang gersang lenyap digantikan dengan segala yang serba mewah. Jalanan mulus dengan mobil-mobil termahal melintas di atasnya. Bangunan pencakar langit dengan segala fasilitas nomor satu.

Selain Dubai Fountain, mesin atm emas, dan kini adalah sebuah bangunan tinggi yang berkelok, bernama Dynamic Tower. Bangunan yang juga dikenal sebagai  Da Vinci Tower ini adalah gedung pencakar langit yang dirancang oleh David Fisher. Dengan total 80 lantai, tiap lantainya memiliki kemampuan untuk berputar hingga 6 meter tiap menitnya, dan untuk melakukan rotasi penuh, membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Biaya yang diperkiran untuk menciptakan pencakar langit ini juga sungguh sangat gila, 330 juta USD.