WHAT`S UP

3 Prinsip Penting Buat Pelajar

tennis1

Menjadi pelajar harus punya prinsip agar bisa semakin mantap menatap masa depan

Photo: pelajar di kelas

LAKBAN -Tahun ajaran baru segera dimulai, Guys. Sebagian kamu mungkin masih ada yang malas-malasan karena efek liburan panjang. Sebagian lagi masih grogi karena masuk sekolah baru. Senagian lagi sudah bersiap karena masuk ke tahun terakhir untuk segera beranjak ke jenjang pendidikan selanjutnya. Yang duduk di kelas 6 SD tahun depan akan masuk SMP, yang duduk di kelas 9 SMP akan segera mempersiapkan diri masuk ke SMA atau SMK pilihan masing-masing.

Tanggung jawab pelajar tidak gampang. Belajar dan menempa diri agar menjadi insan yang berwatak unggul dan menguasai ilmu pengetahuan bukan perkara mudah semudah membalik telapak tangan. Imtaq dan Iptek harus ditanamkan dalam diri kamu.

Nah, kenapa sih banyak pelajar yang seakan enggan mendulang prestasi dan terkesan ogah-ogahan sekolah? Bahkan banyak yang sering bikin ribut, tawuran, bolos, dan melakukan kenakalan lainnya. Bisa jadi mereka tidak memiliki orientasi yang jelas, tidak mendapatkan arahan yang semestinya, atau sedang galau mencari jatidirinya.

Ada beberapa hal yang ingin Lakban rekomendasikan buat kamu. Agar kamu mantap melangkah kembali ke sekolah. Juga tidak galau menghadapi masa depanmu.

Prinsip Pertama menyangkut bagaimana kamu perlu MEMBANGUN KARAKTERMU. Sekolah bukan saja mendidikmu menjadi lebih pandai dalam menguasai materi pelajaran. Lebih dari itu, sekolah memberi peluang bagi kamu untuk mengembangkan kepribadian. Watak yang jujur, kerja keras, dan kemampuan kerjasama dalam sebuah tim menjadi penting buat kamu.

Kamu harus bisa mengembangkan semangat berkompetisi tanpa terjebak menjadi pribadi yang mementingkan diri sendiri. Kemandirian dan kepemimpinan juga harus bisa tumbuh sejalan.

Prinsip Kedua terkait pentingnya kamu MENGENALI DIRI, MINAT, DAN POTENSIMU. Keberhasilan seseorang dalam hidupnya sangat ditentukan oleh kemampuannya mengenali diri. Kamu harus faham dengan keinginanmu, apa yang kamu sukai, dan potensi yang terpendam dalam dirimu yang bisa menjadikan kamu unggul di masa kini maupun masa yang akan datang.

Ada yang suka matematika, ada yang suka seni. Ada yang lebih mengandalkan otak kanan dan ada yang lebih mengandalkan otak kiri. Ada yang analitis ada yang intuitif. Dengan kamu mengenal diri, kamu bisa memetakan jurusan dan ekskul yang akan kamu geluti.

Prinsip Ketiga KUASAI CARA BELAJAR YANG EFEKTIF. Waktu belajar memang harus memadai, namun tidak berarti kamu kehilangan waktu rekreasi atau masa bermain. Kamu harus mengenali cara dan mempraktikkan cara belajar yang efektif. Diskusikan dengan guru dan temanmu tentang hal ini.

Apalagi sekarang banyak materi pembelajaran di dunia maya. Kamu bisa mengunduh materi dalam bentuk pdf, ppt, atau materi video yang menguraikan materi pelajaran secara lengkap dan taktis.

Banyak hal yang kamu bisa rencanakan sebagai strategi di awal tahun ajaran. Kalau perlu tulis dan tempel di dinding kamarmu agar kamu selalu ingat. Musuh terbesarmu adalah kemalasan. Seluruh rencanamu bisa tenggelam kalau kalu tidak mampu melawan rasa enggan dan malas. Dan kamu bisa terpuruk menjadi pecundang.