WHAT`S UP

5 Efek Positif Musik Buat Kamu ( Bagian 1)

tennis1

Musik punya banyak manfaat positif.

Photo: (c) youtube

LAKBAN-  Musik kita dengar di sekitar kita. Kamu mungkin salah satu penggemar musik. Orang yang tergolong tidak suka musik pun sebenarnya berinteraksi dengan musik. Setidaknya musik alam yang berasal dari berbagai sumber di sekitarnya. Kebanyakan  orang mendengarkan musik untuk kesenangan pribadi mereka sendiri.

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.  Kita menggunakan istilah seni musik untuk mengenali proses penciptaan, penggubahan, dan penyajiannya.

Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik. Ini juga dapat digunakan dalam konten narasi untuk membangkitkan emosi dan menghasilkan respons dari pendengar. Kekuatan dan efek musik sangat besar.

Buat kamu yang ingin belajar musik, salah satu alternatifnya adalah belajar di SMK jurusan musik seperti di SMKN 2 Cibinong. Seperti sekolah menengah pada umumnya, sekolah kejuruan ini mempunyai tiga inti mata pelajaran yaitu adaptif, normatif dan produktif.

Mata pelajaran produktif yang terdiri atas musik Harmoni, teori musik, Okestra, dan beberapa pelajaran memainkan alat-alat musik klasik (13 jurusan) seperti, piano, violin, viola, contra bass, cello, saxophone, trompet, trombone, freshhorn, flute, clarinet, gitar dan lain-lain.

Berikut adalah 5  fakta positif tentang musik dan bagaimana pengaruhnya terhadap orang-orang:

PERTAMA. Mendengarkan musik membantumu LEBIH BERSEMANGAT SAAT BEROLAHRAGA dan meningkatkan latihanmu. Daripada membuatmu berlatih lebih keras, musik memiliki teknik pengalihan yang membuat pikiranmu tidak lelah dan lelah, dan membuatmu merasa lebih positif dan termotivasi untuk terus berlatih. Itu juga dapat merangsang dan memberikan kesenangan sehingga Kamu menikmati diri sendiri pada saat itu.

KEDUA. Musik dapat menciptakan KENANGAN DAN KETERIKATAN EMOSIONAL DENGAN SUATU PERISTIWA dalam hidupmu. Otakmu dapat mengasosiasikan musik dengan momen-momen tertentu dalam hidupmu dan menciptakan ikatan yang ketika kamu mendengar musik yang sama lagi, kamu mengingat perasaanmu pada saat acara ketika kamu mendengar musik. Inilah mengapa kita semua memiliki 'lagu itu' yang mengingatkan kita pada hubungan masa lalu atau orang yang kita cintai.

KETIGA. Musik dapat memicu PELEPASAN DOPAMINE DALAM TUBUH, kesenangan kimiawi. Musik dapat membuatmu merasa sangat baik, berkat pelepasan Dopamine dari bagian otak nukleus accumbens sebagai hasil mendengarkan musik. Dopamin dikenal sebagai 'obat yang baik' dan bisa sangat membuat ketagihan. Itu juga mempengaruhi amigdala, bagian otak yang memproses emosi.

KEEMPAT. Jenis musik yang kamu dengarkan dapat MEMPENGARUHI PERSEPSIMU. Seperti yang disebutkan sebelumnya, musik mempengaruhi bagian amigdala otak, bertanggung jawab untuk memproses emosi. Ini berarti musik yang sedih dan menyedihkan dapat membuatmu merasa sedih dan tertekan sama bahagia, musik yang positif dan menggembirakan dapat membuat Kamu merasa bahagia dan positif.

KELIMA. Otak merespon musik sama SEPERTI SAAT MENIKMATI KULINER DAN SAAT MENYENANGKAN. Musik dapat memiliki perasaan 'rilis' yang sama seperti yang dialami saat makan makanan tertentu. Dopamine dilepaskan yang membuat kita merasa hampir gembira, bahagia dan puas. Cokelat juga memiliki efek ini karena menyebabkan reaksi neural untuk melepaskan Dopamine. Musik juga dapat memicu pelepasan Dopamine yang mengapa kamu merasa kedinginan ketika mendengarkan musik sebagai tubuhmu mengantisipasi puncak di trek.