ShowBiz

Ada Apa dengan Musik (2)

tennis1

Musik dapat memacu aktivitas otak

Photo: (c) wavededucation

LAKBAN- Alangkah sepinya hidup tanpa musik. Tentunya dalam pengertian yang luas. Irama orang mengaji pun memiliki nilai musikalitas.  Tak semua dari kamu menjadi bagian dari penggila musik. Mungkin hanya sebagian saja anak muda yang faham dengan seluk beluk perkembangan musik terkini.   

Masih bahas tentang manfaat musik. Kamu bisa mendapat banyak manfaat dari musik yang kamu dengar. Tak sekedar menikmatinya secara estetis belaka. Bersamaan dengan itu kamu bisa mengembangkan aspek-aspek tertentu yang bisa kamu optimalkan.

PERTAMA. Detak jantungmu berubah menyesuaikan dengan musik yang kamu dengarkan. Musik mampu  menenangkan dan menawarkan perasaan santai. Mendengarkan musik yang menenangkan dapat membantu kamu dalam suasana hati yang rileks, mengurangi stres, dan membantumu merasa lebih baik. Kamu pun akan merasa lebih sehat secara psikis. Lebih produktif dan bisa maksimal dalam berkarya.

KEDUA. Musik juga dapat membuat bayi tetap tenang dua kali selama berbicara, lho. Mirip dengan poin sebelumnya, alasan pembuat  lagu pengantar tidur adalah karena musik / lagu lebih menenangkan untuk bayi daripada kata-kata yang lugas.  Musik membantu mereka tidur. Seorang anak lebih cenderung tenang dan tetap tenang ketika mendengarkan musik atau lagu, daripada pidato biasa.

KETIGA. Musik dapat memacu aktivitas otak. Sebuah penelitian menggunakan Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI) menemukan bahwa musik mengaktifkan dan menggunakan lebih banyak wilayah otak daripada banyak aktivitas lainnya. Ini berarti bahwa musik dapat mempengaruhi atau merangsang berbagai respons termasuk kreatif emosional dan fungsi motorik, dari otak.

KEEMPAT. Musik digunakan dalam terapi. Karena meningkatnya aktivitas otak yang diciptakan oleh aktivitas mendengarkan musik, maka musik banyak digunakan dalam terapi untuk kondisi termasuk korban stroke dan penyakit Parkinson. Musik dapat membantu merangsang  pengucapan dan gerakan.

KELIMA. Mempelajari alat musik dapat meningkatkan keterampilan motorik dan penalaran yang baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak usia tiga tahun atau lebih yang mendapat pelatihan musik dengan instrumen meningkat keterampilan motorik halusnya dan kemampuan untuk mengidentifikasi suara yang berbeda.

Nah, 5 hal di atas bisa memperkaya pandanganmu tentang manfaat musik. Dan kamu bisa memperoleh semangat baru dalam menjalani hari-harimu kala mood mu bagus. NIkmatilah musik sambil jogging dan aktivitas lainnya ya Guys..


Most Popular