WAGON

Tips Saat Cuaca Panas

tennis1

Cuaca panas bisa menyebabkan dehidrasi

Photo: ilustrasi cuaca panas

LAKBAN - Cuaca terik di musim kemarau ini banyak dikeluhkan orang. Suhu di Jakarta pada siang hari bisa mencapai 34 derajad Celcius. Di Saudi Arabia bahkan bisa mencapai 45 derajad Celcius. Cuaca panas bisa membuat kita dehidrasi. Karena banyaknya keringat yang keluar dari tubuh kita tak sebanding dengan air minum yang kita konsumsi.

Cuaca panas bahkan bisa membahayakan keselamatan para lansia. Apalagi bila mereka dalam keadaan sakit atau tidak fit. Jangan anggap remeh. Untuk itu Lakban rekomendasikan beberapa tips berikut ini untuk kamu :


PERTAMA. Banyak minum, kurangi minuman yang mengandung kafein, dan kurangi makan panas dan pedas.  Minum air putih sangat penting. Walaupun kamu banyak berkeringat namun dengan minum air putih yang cukup kamu sudah akan segar kembali. Semakin banyak keluar keringat, semakin sering dan banyak kamu harus mengkonsumsi air putih.

Sebagai  variasi mungkin kamu bisa mengkonsumsi air kelapa muda yang memiliki banyak khasiat dan mengandung banyak ion positip. Namun kurangi minum the atau kopi. Karena kamu cenderung akan banyak atau sering buang air kecil.

Banyak makan sayur dan buah juga membantu menyegarkan tubuhmu. Disamping kandungan airnya, sayur dan buah juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuhmu.

KEDUA. Pakai pakaian yang nyaman. Berbahan katun atau bahan lain yang terasa sejuk di tubuh kita. Pakaian yang nyaman akan membantu tubuhmu mengantisipasi hawa panas yang ada di sekitarmu. DIsamping potongannya yang sporty, bahan  pembuat pakaian akan sangat berpengaruh pada penyerapan keringat.

Baju yang cenderung longgar, simpel, dan terbuka akan membantu sirkulasi udara. Sementara bahan seperti katun akan menyerap keringat.   

KETIGA. Kurangi kegiatan di luar ruangan. Sebaiknya kamu berolahraga saat pagi sebelum panas matahari mulai menyengat. Atau bahkan jogging sore dan malam. DI siang hari, kamu bisa lebih banyak menghabiskan waktu dalam ruangan.  Bisa juga sih olahraga indoor. Atau berenang. Namun pastikan bahwa cuaca panas tidak mengganggumu.  

KEEMPAT. Lebih sering mandi.  Aktivitas mandi yang biasanya duakali sehari bisa kamu lipatgandakan. Misalnya 3-4 kali sehari. Mandi akan menyejukkan badan. Di samping itu juga akan membersihkan badanmu dari bakteri yang menempel di tubuhmu dan menyatu dengan keringatmu.

KELIMA. Gunakan kipas angin. Kamu mungkin sudah menggunakan AC. Namun kipas angin tetap diperlukan. Kan tidak sepanjang hari kamu bisa berada dio ruangan berpendingin udara. Kadang juga tetap membutuhkan kipas angin untuk membantu sirkulasi udara di ruangan ber AC.

Beberapa jenis AC bisa menyemprotkan uap air dingin. Atau kamu bisa menggunakan trik dengan menggantungkan  pada kipas, gel beku yang sudah kamu dinginkan di freezer.


Most Popular