WHAT`S UP

SMK sebagai Pilihan Realistis

tennis1

Ada 4 rekomendasi jurusan di SMK buat kamu

Photo: ilustrasi lab animasi

LAKBAN – Melanjutkan ke SMU atau ke SMK? Pilihan itu terkadang cukup dilematis bagi siswa yang baru lulus dari SMP. Dengan ijazah SMK, seseorang berharap bisa memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Kelak sambil bekerja penghasilannya bisa ditabung untuk biaya melanjutkan pendidikan. Apalagi banyak pendidikan vokasi dengan ijazah D-3 yang sekarang terselenggara di perguruan tinggi.

Ilustrasi di atas menggambarkan betapa mimpi untuk meraih cita-cita yang tinggi kerapkali harus berhadapan dengan kenyataan yang keras. Mimpi untuk menjadi seorang profesor, eksekutif papan atas, atau meraih pendidikan hingga jenjang tertinggi menjadi milik banyak orang. Namun keinginan untuk mandiri, tidak membebani orangtua, dan bisa kuliah dengan biaya sendiri juga menjadi tekad anak-anak bangsa yang tak sedikit jumlahnya.

Banyak SMK yang bisa menjadi teladan dan rujukan. Siswa---siswinya berprestasi di berbagai ajang kompetisi keilmuan dan teknologi. Alumninya menjadi pengusaha ternama, menduduki berbagai posisi strategis, dan berkarya nyata dalam masyarakat. Sekolah-sekolah itu telah mampu mengentaskan anak-anak dari berbagai latar belakang keluarga menjadi pejuang-pejuang yang tangguh di bidangnya masing-masing.

Di antara berbagai jurusan yang ada di SMK, 4 jurusan atau prodi bisa kamu lirik menjadi alternatif pilihanmu. Yaitu bidang industri kreatif, pariwisata, pertanian, dan maritim. Bidang industri kreatif mencakup berbagai jurusan, misalnya Desain Komunikasi Visual/ Animasi. Di jurusan ini kamu bisa menjadi animator. Jenis profesi yang menggabungkan keahlian teknis komputer grafis dengan seni.

Prospek industri kreatif sangat besar. Kamu memang perlu membuktikan keahlian dan keterampilanmu dengan karya. Atau istilah profesionalnya, kamu butuh portofolio karya-karyamu. Sertifikat mungkin penting bagi profesi ini, namun pengalaman dan hasil karya lebih diutamakan.

Jurusan pariwisata juga tak kalah menonjol. Ada jurusan perhotelan dan usaha perjalanan wisata. Jurusan tata boga dan tata  busana juga masuk dalam lingkup ini. Kalau kelak kamu ingin melanjutkan studi vokasimu di bidang pariwisata, ada banyak perguruan tinggi yang kini membuka jurusan tersebut. Kamu yang berasal dari jurusan yang linier dengan pendidikan di sekolah vokasi tentu akan lebih terasah di jenjang pendidikan selanjutnya.

Pilihan prodi pertanian juga sangat strategis. Ketahanan pangan selalu menjadi isu, bahkan semakin kuat. Jumlah penduduk dunia selalu bertambah. Bahkan banyak ahli mengatakan dunia mengalami over populasi. Banyak upaya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Dari jurusan ini banyak pula yang bekerja di perusahaan besar pengolah makanan.

Nah, yang tak boleh dilupakan adalah jurusan maritim. Baik untuk kapal niaga maupun kapal ikan. Di SMK yang mengarah pada kapal niaga ada jurusan nautika kapal niaga dan teknika kapal niaga.  Di rumpun perikanan ada jurusan nautika kapal penangkap ikan dan teknika kapal penangkap ikan. Ada jurusan agribisnis perikanan dan agribisnis rumput laut.