3 Kunci Menjual Produk Digital

 3 Kunci Menjual Produk Digital
(c) foetube

 

LAKBAN- Apa sih produk digital? Produk digital atau e-produk adalah produk dengan wujud bukan fisik atau biasanya berbentuk elektronik yang biasanya diperjual-belikan secara online melalui media internet. Produk digital disimpan, dikirim dan dipergunakan dalam format elektronik serta bentuk jual-belinya melalui pemasaran digital.

Contohnya yang e-book, audio book, video, dan kursus online. Bisa juga kombinasi e-book dengan video. Kalau kamu membeli paket kursus online mungkin kamu juga akan mendapatkan e-book, video, dan audio book. Kamu bisa menonton film dari gawaimu dengan membelinya sebagai produk digital. Juga musik atau lagu.

Ebook (biasanya dalam format PDF atau Kindle), video (biasanya dalam format MP4 atau FLV), software (biasanya dalam format exe atau air), musik MP3 (dalam format MP3), tiket Online (dalam format kode atau email), aplikasi (Android apps atau iPhone apps).

Dimana produk digital dijual? Diantara marketplace atau lapak online yang paling poluer ada Play Store, Apps Store, iTunes, ClickBank, dan Netflix.

Pembelian produk digital selain menggunakan metode pembayaran konvensional seperti transfer bank lokal, Western Union, atau Giro/Check, juga biasa menggunakan pembayaran online menggunakan kartu kredit, PayPal atau Bitcoin.

Ada 3 hal yang perlu kamu perhatikan kala kamu ingin membuat atau menjual produk digital. Yaitu :

#1. PRICING. Soal harga menjadi relatif. Namun kamu bisa melihat banyak referensi di pasar digital. Misalkan e-book dijual pada kisaran USD 5-50. Kalau dalam mata uang kita mungkin Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu. Untuk audio book atau video mungkin lebih mahal lagi.

Harga lagu di iTunes ada pada kisaran Rp 5 Ribu hingga Rp 7 Ribu. Per album ada pada kisaran Rp 45 Ribu hingga Rp 65 Ribu. Sementara untuk film seperti The Raid dibandrol Rp 149.900. Indonesia memang masih rawan pembajakan hingga iTunes paling lambat masuk ke Indonesia.  

#2. POSITIONING

Tidak semua produk murah laku dan sebaliknya. Salah satu hal penting yang kamu harus tentukan adalah positioning produk digitalmu. Banyak orang yang tidak terlalu masalah dengan harga sepanjang produk yang dicarinya bisa memenuhi kebutuhannya.

Kamu harus mempelajari konsep Segmentasi, Targetting, dan Positioning agar langkahmu tepat dalam memposisikan produkmu.

#3. PACKAGING

Kemasan yang bagus memang tidak menjamin isinya bagus. Namun dalam menjual produk, kemasan sangat menentukan. Kesan pertama sebelum pembeli menentukan keputusannya adalah ketertarikan pada kemasan. Ibarat pepatah ‘dari mata turun ke hati’.

Banyak kemasan produk digital yang bisa kamu jadikan referensi.