3 Langkah Menjadi Wirausahawan

3 Langkah Menjadi Wirausahawan
0

 

LAKBAN- Berwirausaha mulai menjadi pilihan favorit bagi anak muda. Sekolah bukan lagi jalan untuk menjadi pekerja semata. Bekerja di instansi pemerintah atau perusahaan swasta tidak bisa dijadikan harga mati. Angkatan kerja terus tumbuh. Lapangan kerja seringkali tak sebanding. PEngangguran menjadi masalaha bahkan di negara maju.

Membangun usaha sendiri memang sering dipmung sebelah mata. Karena biasanya kita mulai dari yang kecil. Kalah pamor dan gengsi dibanding teman yang menjadi pekerja di perusahaan bonafit. Kepastian karier dan penghasilan tak sebagus mereka yang menjadi pegawai kantoran. Semua tantangan ini memang harus dijawab dengan keteguhan  tekad dan kerja keras.

Banyak juga anak muda kantoran yang mulai membangun bisnis sendiri. Tentu cita-citanya agar suatu saat tak lagi menjadi pegawai. Walau untuk melepas kans pegawai masih berat. Pilihan ini juga patut dihargai. Walau semua ada resikonya. Karena perhatian terbagi. Apalagi kalau harus mempekerjakan orang. Atau bermitra dengan teman.  Yang penting upaya menjemput rezeki patut dihargai.   

Berikut ini adalah tiga poin utama yang Lakban  percaya setiap pengusaha muda dapat menggunakannya untuk membantu karir mereka di jalur yang benar.

PERTAMA : LAKUKAN RISET, KUASAI DATA

Kamu harus mengevaluasi siapa pemain bisnis yang ingin kamu geluti saat ini, kebutuhan pelanggan, dan ukuran pasar. Karena banyak startup mencari investasi, kamu akan melalui berbagai proses nego dan tawar-menawar. Kamu harus menguasai benar info seluk beluk bisnismu. Jangan sampai kamu tidak siap saat harus menuangkan profil usahamu, membuat rencana bisnis tertulis, atau menu