3 Peluang Usaha Prospektif : Wisata, Kuliner, dan Souvenir

3 Peluang Usaha Prospektif : Wisata, Kuliner, dan Souvenir

LAKEYBANGET.COM – Akhir pekan segera datang. Kita bisa merencanakan untuk pergi ke tempat-tempat wisata. Untuk menikmati pemandangan, cari spot foto, dan pengalaman baru. Kebutuhan rekreatif semakin menonjol dalam masyarakat kita. Bahkan banyak mall yang lebih menawarkan wahana hiburan lebih daripada sekedar belanja.

Menghabiskan akhir pekan biasanya diisi dengan kegiatan travelling, kuliner dan belanja. Ya kan? Mungkin juga ada agenda lain. Misal acara resepsi, reuni, dan pesta. Namun tiga hal di atas menjadi pilihan utama bagi banyak orang.

Kebutuhan banyak orang dapat menjadi peluang usaha bagi kita. Mungkin dengan mengembangkan dan mengelola suatu kawasan wisata. Mungkin dengan menyewa salah satu booth di lokasi wisata. Atau bekerjasama dengan pihak pengelola suatu kawasan wisata.

Beberapa orang yang mengembangkan kawasan wisata mampu menawarka konsep dan layanan yang menarik kepada pengunjung. Bahkan ada yang bisa mengubah simbol kemiskinan menjadi simbol kesejahteraan.

Sebut saja misalnya pengelola Tebing Breksi di kawasan Candi Boko, Sleman, Yogyakarta. Tebing batu yang selama ini ditambang dan menjadi mata pencaharian penduduk sekitar telah disulap menjadi kawasan wisata yang menawarkan pemandangan sunset atau matahari tenggelam. Tebing batu dipahat dan menjadi latar lanskap yang mempesona pengunjung. Beberapa konser musik pernah diadakan disana.

Wisata alam atau ekowisata juga bisa menjadi pilihan menarik. Spot Negeri di Atas Awan di Lebak dalam seketika viral di Youtube dan menarik pengunjung berbondong ke sana. Di sini mulai terlihat betapa ‘digital marketing’ mulai berperan. Karena media sosial bisa memberitakan ‘tentang apa saja’ dan ‘oleh siapa saja’. Asal punya ponsel cerdas jadi deh!

Kalau sudah sampai di suatu tempat pasti kita lapar. Kadang kita memang sengaja berburu makanan lokal yang unik dan enak. Nah, ini juga kesempatan bagi kita untuk melayani kebutuhan penginjung suatu tempat wisata.

Bahkan ada pula orang yang sengaja berwisata kuliner. Tujuan datang ke suatu tempat adalah mencari makanan atau minuman tertentu.

Kalau sudah pamer jalan-jalan ke suatu tempat pasti dong ditagih oleh-oleh alias buah tangan buat orang di rumah atau teman di kantor. Ini peluang lagi! Kita bisa bisnis souvenir. Dari aneka kerajinan hingga barang yang bisa dikenakan. Kaos dan topi dengan ide kreatif dan bernuansa budaya lokal, misalnya.