Fakta 4 Jenis Mobil Listrik Yang Kamu Harus Tahu

 

 

LAKEYBANGET.COM – Indonesia menyadari perlunya pengembangan industri  kendaraan listrik. Terutama motor dan mobil. Pemerintah baru saja menetapkan kebiajakn untuk mempercepat industri berbasis teknologi ramah lingkungan ini. Bahan bakar fosil memang akan habis dan harganya pun akan semakin tinggi. Maka kendaraan listrik menjadi salah satu solusinya.

Kamu perlu tahu bahwa pada dasarnya ada dua jenis mobil listrik. Mobil listrik yaitu sebuah mobil yang memakai listrik untuk sumber tenaganya (tenaga penggerak). Dalam artian lain Mobil Listik di kenal dalam arti Electric road vehicles yang di Amerika yaitu :  Zero Emission Vehicles serta Low Emission Vehicles.

Mobil listrik yang masuk dalam kategori Zero Emission Vehicles yaitu Mobil Baterai (menggunakan batterai) serta Mobil Fuel Cell. Sedang yang dikategorikan jadi LEV yaitu mobil yang sistem penggeraknya menggabungkan pada convensional engine dengan motor listrik (mobil Hbrida).

#1  Mobil Listrik “Battery Operate” . Tipe ini menggunakan baterai sebagai  sumber daya untuk menggerakkan kendaraan. Pada mobil listrik tipe ini ada 5 bagian utama yakni motor listrik, baterai, charger (alat pengisian ulang daya listrik pada baterai), sistem kendali (controller), dan  Manajemen Daya (EMS).

#2  Mobil Hybrid. Teknologi ini dipopulerkan oleh Toyota serta Honda ini untuk jalan keluar menghemat BBM serta menangani pencemaran lingkungan. Langkah kerja mesin listrik dengan prinsip regenerative (isi lagi/recharging waktu kendaraan tengah beroperasi) pada mesin hybrid.  Disini bedanya dengan mobil tenaga listrik penuh.

Mobil itu tak dapat isi lagi listriknya. Apabila listriknya habis, Batterai/aki mesti di-charge dengan cara spesial selama 8 sampai 12 jam (untuk teknologi charger onboard). Spesialnya mesin hybrid, mesin listriknya dapat isi lagi ke aki dengan memakai kinetic energy waktu mengerem (regenerative brakeing). Juga beberapa daya mesin dari mesin bensin/solar/bio fuel waktu jalan listriknya dapat disalurkan untuk isi batterai/aki.

Dengan sistem operasi seperti ini maka bakal berlangsung penghematan BBM. Di Kota Tokyo Jepang, truk serta bus telah banyak yang menggunakan tenaga mesin sistem hybrid lantaran dinilai sangat efektif/irit BBM serta kurangi polusi. Type mesin hybrid dengan cara umum ada yang menggunakan sistem paralel serta sistem seri, tetapi yang paling umum yaitu parallel. Mesin listrik pada kendaran hybrid

Dengan sistem operasi seperti ini maka bakal berlangsung penghematan BBM. Di Kota Tokyo Jepang, truk serta bus telah banyak yang menggunakan tenaga mesin sistem hybrid lantaran dinilai sangat efektif/irit BBM serta kurangi polusi. Type mesin hybrid dengan cara umum ada yang menggunakan sistem paralel serta sistem seri, tetapi yang paling umum yaitu parallel.

Mesin listrik pada kendaran hybrid sesungguhnya hanya untuk penunjang atau dapat dimaksud booster, pada mesin utama yang menggunakan bensin maupun solar. Mesin listrik yang kecil pada kendaraan type hybrid tidak bakal kuat menggerakkan mobil dengan cara normal. Perubahan teknologi mesin hybrid memanglah saat ini makin cepat. Begitupun dalam pengisian lagi listriknya yang makin mutakhir, cepat, serta tenaga mesin listriknya makin besar.

#3  Mobil Surya “Solar Car” Mobil tenaga surya atau tenaga matahari, yaitu type kendaraan listrik yang memakai tenaga matahari untuk sumber dayanya. Daya matahari di tangkap dengan memakai panel cell surya lalu dipakai untuk menggerakkan motor listrik yang berperan untuk memutar roda.

Supaya bisa dipakai dengan cara stabil maka pada mobil surya dilengkapi dengan area untuk menyimpan energy (energy storage) biasanya dipakai accu/aki atau batterai. Dilengkapai dengan alat control pengatur kecepatan maka mobil ini bisa melaju sesuai sama dengan kecepatan sesuai sama dengan kecepatan yang dirancang. Di Indonesia berkisar 12 th. yang lalu mobil surya ini di kembangkan oleh mahasiswa ITS Surabaya.

#4  Mobil Fuel Cell - Fuel Cell yaitu suatu terobosan teknologi yang dikerjakan oleh kelompok ilimuwan serta industri mobil untuk mencari sumber daya alternatif penggerak mesin. Serta satu diantara pilihan terkuat yaitu bahan bakar hidrogen, dipilihnya hydrogen lantaran dikira penuhi dua argumen utama, yaitu lantaran hidrogen ramah lingkungan.

Gas buang hasil pembakaran hidrogen sekalipun tak mencemari lingkungan. Argumen ke-2, lantaran dengan cara alamiah hidrogen ada dalam jumlah besar sampai dapat digunakan dari generasi ke generasi. Hidrogen dengan cara ekonomis bisa didapat dengan murah.

Siklus air juga sangat mungkin hidrogen ada dalam periode panjang. Hidrogen adalah satu diantara pilihan kuat untuk bahan bakar mobil saat hadir, menukar peran bahan bakar minyak (BBM) yang tingkat polusinya tinggi serta semakin tidak tebal ketersediaannya di alam.

Hidrogen dapat didapat lewat cara lewat sistem meng elektrolisa air. Langkah tersebut diperkirakan tak merubah keseimbangan alam, benar-benar sederhana, efisien serta bersih. Yaitu dengan teknik elektrolisa air dalam jumlah besar dengan memakai tenaga listrik.

Langkahnya dua elektroda dibenamkan ke dalam bak diisi air, untuk memancing hidrogen. Ion-ion hidrogen yang bermuatan positif (kation) berkumpul di seputar katoda negatif. Sedang ion-ion oksigen (anion) dihimpun menuju anoda positif.

Dengan demikian terbentuklah hidrogen dalam wujud gas. Sesudah hydrogen dalam wujud gas diperoleh, maka lewat teknologi pembakaran ‘dingin’ didalam suatu sel listrik, yang akhirnya berbentuk tenaga listrik untuk menggerakkan mobil.