4 Kelebihan JavaScript buat Kamu

 

LAKEYBANGET.COM – Kamu berminat pada dunia web design dan web development? Jangan ragu untuk belajar dari awal dan menekuninya baik sebagai hobi bahkan menjadi profesi. Kebutuhan untuk membangun situs di dunia maya masih terus berkembang dan prospeknya cukup baik. Penguasaan dalam bidang ini juga bisa mengantarkan kamu ke dunia digital yang lebih luas.  

Javascript adalah bahasa pemrograman yang wajib kamu pelajari jika ingin mendalami dunia web development. Boleh dikata ini menjadi salah satu bahasa paling populer.  Sejumlah kelebihan Javascript bisa kamu manfaatkan untuk membangun web yang kamu butuhkan.

Sebagai sebuah bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam mengembangkan sebuah aplikasi dan juga website, maka tentu saka javascript memiliki beberapa kelebihan dan juga keunggulan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan juga keunggulan dari bahasa pemrograman JavaScript.

#1 Hanya membutuhkan resource memory ringan dan kecil

Karena tidak membutuhkan space besar, pastinya penggunaan RAM akan semakin simple. Keunggulan ini membuka ruang bagi siapa saja untuk mempelajari dan memanfaatkan bahasa pemrograman ini. Tidak ada kendala berarti karena alasan keterbatasan piranti keras khususnya kapasitas RAM.

Bagi user atau pengguna, aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Javascript ini juga dapat dijalankan dengan lebih mudah, dan sangat pas untuk aplikasi yang digunakan sehari-hari. Tentu ini akan sangat membantu memenuhi kebutuhan pengguna.  Para developer sangat terbantu dalam mengembangkan aplikasi – aplikasi ringan, namun tetap memiliki fitur dan kegunaan yang sangat banyak bagi user.

#2 Mudah untuk dipelajari

Kemudahan memang bersifat relatif. Tentu dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain Java Script disimpulkan memiliki keunggulan pada kemudahan. Keunggulan yang bisa mengantarkan kamu untuk membangun dasar-dasar dalam pengembangan kemampuanmu selanjutnya.

Sebuah bahasa pemrograman akan banyak digunakan dan akan banyak dikembangkan apabila bahasa pemrograman tersebut adalah bahasa pemrograman yang simple dan mudah untuk dipahami.

Bahkan, di beberapa sekolah dan kursus mengenai bahasa pemrograman, Javascript adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang wajib dipelajari dan dikuasai oleh para siswa peserta pendidikan tersebut.

#3 Dinamis

Dinamis disini adalah fleksibilitas dari pengembangan aplikasi yang berbasis JavaScript. Berbagai kemungkinan dalam variasi pengembangan web bisa diakomodasi oleh JavaScript. Kreatifitas developer untuk membuat kekhasan dalam webnya bisa dilakukan. Juga kebutuhan pengguna bisa dilakukan.   

JavaScript juga mudah untuk diaplikasikan, dan mudah untuk dilakukan penambahan fitur, yang berhubungan dengan fungsi – fungsi penting dari aplikasi tersebut.

#4 Multi platform, bisa dijalankan di banyak sistem operasi

Kelebihan ini sangat berarti bagi para pengembang web. Multi platform berarti sebuah aplikasi yangmenggunakan bahasa pemrograman Javascript bisa dibuat dengan basis sistem operasi apapun, termasuk diantaranya dalaah sistem operasi yang populer digunakan secara umum, seperti sistem operasi Windows, Linux, Android, dan berbagai macam sistem operasi lainnya,

Bahkan selain berbasis sistem operasi, aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman berbasis Javascript juga banyak yang bisa dijalankan pada perangkat komputer dan perangkat komunikasi, seperti handphone yang tidak menggunakan sistem operasi tertentu