4 Menu Kopi Paling Populer

4 Menu Kopi Paling Populer
varian menu kopi (c) graphicriver

 

LAKBAN- Jangan bingung saat masuk kedai kopi. Cobain menu kopi yang paling populer. Kali lain kamu coba menu yang baru. Ada beberapa jenis sajian kopi yang sangat populer. Beberapa modifikasi mungkin lahir di daftar menu kedai kopi, namun beberapa di antara menu klasik pasti tersaji.

Ini 4 diantara menu kopi yang bisa kamu pilih. Varian menu di kedai kopi yang kamu datangi mungkin lebih banyak pilihan.  

#1 ESPRESSO

Image result for espresso making

Orang ingin ngopi yang enak sekaligus cepat. Karena buru-buru, orang membuat mesin untuk menyajikan secangkir kopi dalam hitungan kurang dari 5 menit. Tahun 1905 mesin espresso pertama lahir. Dari situlah istilah atau menu  espresso muncul dan menyebar ke seluruh dunia. Mesin espresso tersebut mampu membuat kopi dengan cepat, menembakkan aliran air didih secara cepat pada bubuk kopi, sekilas seperti ekstraksi yang dipaksakan.

Kopi hitam yang boleh dikata murni. Dilihat dari komposisinya Espresso hanya terdiri dari kopi tanpa tambahan bahan lain. Buat nemenin lembur sangat cocok nih. Bikin mata melek Guys. Tapi ingat kondisi lambungmu! Siapin dulu dengan snacking yang bisa membuat ngopi lebih nikmat.

Satu takaran (shoot) Espresso disajikan dengan volume 30 ml. Espresso terbaik memiliki crema berupa busa padat bewarna kuning keemasan yang mampu bertahan minimal 2 menit. Volume crema rata-rata kurang lebih 10% dari volume cairan espresso.

#2 CAFE LATTE

Image result for latte making

Tipe kopi ini disajikan bersama air panas serta campuran susu. Takarannya harus serasi, kira-kira 3 banding 1. Latte seringkali disimpulkan sebagai kopi yang cenderung milky. Dan anggapan itu bisa jadi benar, jika dibandingkan dengan cappuccino.

Kunci paling mendasar dalam membuat latte adalah pada proses steaming susunya. Umumnya, proses steaming susu ini berfungsi untuk dua hal, yaitu memanaskan susu hingga mencapai temperatur tertentu sesuai dengan yang diinginkan dan untuk menghasilkan micro foam. Dengan kata lain, foam dalam latte biasanya cenderung halus dan tidak tebal.

Namun mesti diperhatikan tingkat panas air yg difungsikan guna menciptakan olahan kopi tipe ini. Sebab nantinya dapat merusak kandungan susu di dalamnya.

#3 CAPPUCCINO

Image result for cappuccino making

Kopi ini kebanyakan disajikan dalam kondisi panas atau dingin. Sajian kopi jenis ini merupakan perpaduan kopi espresso dan susu. pada tahap ini espresso dtambahkan susu steam (busa basah) dan busa susu kering (busa kering) dengan perbandingan 1/3, 1/3, 1/3.

Cappuccino adalah minuman tradisional Italia yang terkenal dengan lapisan atasnya yang berupa froth susu—yang biasanya di-garnish dengan bubuk coklat. Namun, yang membuat minuman ini menjadi khas bukan sekadar froth susu saja.

#4 CAFE MOCHA

Related image

Kopi Plus Coklat. Tipe kopi ini paling banyak diminati oleh wanita. Untuk membuat jenis minuman ini dilakukan pencampuran espresso dan chocolate dan sedikit susu steam (busa basah) sehingga memiliki rasa mocha yang dominan ketika diminum dan after taste manis dan gurih dari susu.