4 Tips Untuk Menghilangkan Stress Ketika Bekerja

4 Tips Untuk Menghilangkan Stress Ketika Bekerja
Foto : Leadership

LAKEYBANGET.COM- Dalam dunia perkantoran atau pekerjaan banyak sekali hal yang bisa membuat anda stress sehingga membuat anda sulit sekali unutk berkonsentrasi seperti tutuntan atasan, konflik dengan rekan kerja, beban kerja, perasaan takut kehilangan pekerjaan, kurang komunikasi, dll.

Tekanan pekerjaan memang selalu dianggap sebagai biang keladi dari stress yang terjadi di kantor, namun sebenarnya stress ditimbulkan dari cara dan sikapmu dalam mengahadapi tekanan ini, seseorang dapat menjadi stress jika mereka mengingat teanan dan masalah yang telah berlalu secara berlebihan.

Stress juga timbul apabila kita terlalu memikirkan hal-hal yang belum terjadi, hal negatif yang ditimbulkan dari stress ini seperti cepat lelah, sulit tidur, dan sakit kepala dan dampak terburuknya adalah masalah kejiwaan.

Ada beberapa tips untuk mengatasi masalah stress ini seperti yang dirangkum oleh Tech In Asia  dalam akun youtube-nya. Tips ini juga bersumber dari Harvard business Review.

BANGUN DARI LAMUNAN

Melamun adalah salah satu alasan yang dapat menimbulkan stress, melamun membuat kita memikirnkan segala sesuatu yang pernah atau akan terjadi sehingga kita akan mengelompokan masalah-masalah yang pernah terjadi sebelumnya dikehidupanmu atau masalah-masalah yang akan terjadi nanti. Sehingga dari situ kamu secara otomatis akan mencoba membesarkan-besarkan masalah.

salah satu cara untuk bangun dari lamunan anda adalah dengan cara melakukan hal-hal yang bisa menggerakan kelima indra anda, seperti bertepuk tangan, berdiri, berjalan-jalan ditempat, tertawa, dan menggerakan bagian tubuh.

MENGEMBALIKAN KONSENTRASI

Ketika kita mendapati sebuah tekanan atau masalah biasanya kita akan menjadi kurang fokus terhadap sesuatu yang sendang kita lakukan. Hal tersebut malah akan membuat kita terjerumus pada tekanan-tekanan lain atau permasalahan lain. Sehingga konsentrasi menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan.

Stress menyebabkan kurangnya konsentrasi yang terhadap masalah yag ada di depan mata, maka langkah selanjutnya adalah mengembalikan fokusmu pada masalah yang bisa kamu kendalikan. Awali dengan cara menulis semua permasalahan dan memberikan fokus kepada masalah yang paling besar dampaknya bisa terselesaikan.

MEMANDANG MASALAH SECARA OBJEKTIF

Stress membuat kita berfikir negatif pada setiap kejadian yang kita alami ditempat pekerjaan maupun diluar tempat pekerjaan. Hal-hal tersebut membuat kita mengalami tekanan berkelanjutan sehingga kita meresa tidak betah berada disemua tempat yang menuntut kita untuk berkomunikasi atau bersentuhan dengan orang lain, sehingga terkesan kita hanya memebesar-besarkan masalah.

Membesar-besarkan masalah menjadi salah satu alasan timbulnya stress, jadi kamu harus memandang masalah secara objektif sehingga tidak menimbulkan masalah pada pekerjaanmu. Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan bertanya pada diri sendiri seprti, “bagaimana kondisimu saat ini dibanding masa  lalu?”, “Hal apa yang lebih buruk dari kondisi saat ini ?”, “Peluang apa yang belum saya manfaatkan ?”. pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa membuatmu memandang permasalahan lebih objektif.

MENCOBA IKHLAS

Mencoba ikhlas adalah obat dari segala permasalahan, bahkan disemua agama kita dituntut untuk selalu ikhlas. Artinya agamapun sebernya sudah membimbing kita untuk keluar dari setiap permasalah dengan cara mencoba ikhlas.

Ada tiga hal yang bisa membantumu untuk ikhlas yaitu : 1) suka atau tidak kamu harus menerima kenyataan, 2) kamu bisa mengembil hikmah dan pelajaran dari masalah yang kamu alami, 3) lakukan sesuatu untuk menyelesaikannya.

Itulah empat tips yang bisa membantumu untuk menghilangkan stress dari hasil penelitian Harvard Business Review seperti dikutip dari Tec In Asia. Jika kamu mampu mengelola stress dengan baik maka tekanan sebesar apapun akan mampu hadapi tanpa masalah.