5 Fakta Unik Acara Nyepi Di Bali Yang Patut Kamu Ketahui

5 Fakta Unik Acara Nyepi Di Bali Yang Patut Kamu Ketahui
5 Fakta Unik Acara Nyepi Di Bali Yang Patut Kamu Ketahui

LAKEYBANGET.COM- Biasanya tiga maupun dua hari sebelum Nyepi, para umat Hindu akan melakukan penyucian dengan melangsungkan upacara Melasti atau yang biasa juga sering disebut dengan Melis maupun Mekiyis. Acara ini akan dilangsungkan di Pura dan diarak menuju ke Pantai maupun Danau. Karena untuk para umat Hindu, danau maupun pantai ini merupakan salah satu sumber air atau yang bisa disebut juga dengan tirta amerta, dan sangat diyakini bisa menyucikan segala hal yang kotor, maupun menjadikan manusia (umat Hindu) menjadi kembali suci.

Selain melangsungkan Melasti, para umat Hindu juga wajib mematuhi 4 catur brata penyepian. Yakni, dengan tidak menggunakan maupun menghidupkan api, tidak bekerja, tidak bepergian dan tidak mendengarkan hiburan, seperti lagu maupun menonton televisi. Hal lain yang perlu diketahui juga, sehari sebelum melangsungkan Hari Raya Nyepi, umat Hindu juga harus melaksanakan upacara Buta Yadnya yang harus diikuti oleh masing-masing umat. Nah, guys berikut ini ada 5 fakta unik perayaan nyepi di Bali diantaranya, adalah:

1. Di Hari Raya Nyepi ini, kita mereduksi emisi dari Gas Karbon Dioksida sebanyak kurang lebih 20.000 ton dalam sehari lho. Dan selama Nyepi, para warga Bali juga sudah berkontribusi dengan mengurangi polusi udara di dunia. Wow! Keren banget kan?

2. Selain itu, World Silent Day yang selalu dirayakan setiap tanggal 21 Maret ternyata juga terinspirasi dari Hari Raya Nyepi dan hal ini sudah di konfirmasi oleh PBB.

3. Tak hanya mengurangi polusi di dunia. Dengan adanya Hari Raya Nyepi di Bali, hal ini juga menghemat listri negara sebanyak kurang lebih 60 persen selama perayaan Nyepi berlangsung. Jika dirupiahkan, 60% ini bernilai sekitar kurang lebih Rp 4 miliar atau sekitar 290 megawatt (MW).

4. Sudah mengurangi polusi udara, menghemat listrik? Ternyata perayaan Hari Raya Nyepi juga mampu menghemat bahan bakar solar sebanyak kurang lebih 500.000 liter lho.

5. Hal unik lain yang perlu kamu tahu tentang Hari Raya Nyepi adalah, perayaan ini diyakini sangat mamppu memberikan ketenangan jiwa yang luar biasa. Buat kamu yang penat dari kerja, maupun stress, para umat Hindu bisa bersantai ketika Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 ini telah datang.