5 Fokus PIlihan Profesi Buat Milenial

5 Fokus PIlihan Profesi Buat Milenial
(c) bestsampleresume

LAKEYBANGET.COM – Tahukah kamu berapa jumlah pencari kerja baru setiap tahunnya di Indonesia? Setiap pembukaan seleksi CPNS dan Pameran Bursa Lowongan Kerja selalu dibanjiri peminat. Jutaan orang ikut seleksi CPNS 2018. Puluhan ribu orang tumpah ruah di ajang bursa kerja. Sementara itu jumlah lapangan kerja baru tumbuh seiring pertumbuhan ekonomi.

Jangan pesimis dulu. Tapi kamu harus realistis dalam menatap masa depan. Lihat minat dan bakat atau kemampuanmu. Setiap orang dianugerahi keistimewaan. Tinggal bagaimana mengotimalkannya. Minat dan kemampuan itulah yang akan mendorongmu mencapai sebuah cita-cita untuk berkarya dalam hidup.

Kali ini Lakeybanget akan memberikan beberapa opsi paling populer untuk mengerucutkan cita-citamu. Simak ya!

#1 Jadi pengusaha

Lapangan kerja terbatas karena bangsa ini masih kekurangan pengusaha. Bisnis menjadi pilihan utama bagi mereka yang menyadari keadaan ini. Memang tantanganya banyak. Jatuh bangun. Merangkak dari bawah. Kerugian dan kebangkrutan tak jarang menghantui seorang pengusaha.

Punya banyak uang? Jumlah uang relatif banyak dan sedikitnya. Bila dibandingkan dengan pekerja atau anak buahnya tentu saja uang Boss lebih banyak. Pengusaha atau pemilik usaha juga menanggung resiko yang besar.   

Jadi Boss walau mulai dari usaha kecil menjadi tantangan buat kamu. Agar ekonomi negara ini maju. Mandiri dan mampu bersaing dengan bangsa lain.  

#2 Jadi eksekutif

Bekerja pada orang lain menjadi pekerja alias buruh alias karyawan juga sebuah pilihan. Biasanya kamu akan milih perusahaan yang bonafid. Betapa banyak orang yang bangga karena bekerja di perusahaan besar. Apalagi mendapat posisi lumayan dengan gaji besar

Pada akhirnya kamu bermimpi mendapat posisi eksekutif alias pimpinan perusahaan,

#3 Jadi pengajar

Menjadi dosen, guru, instruktur, trainer, atau coah menjadi pilihan buat kamu yang suka berbagi ilmu. Tidak hanya di sekolah atau kampus, di perusahaan pun ada bagian SDM yang banyak berkaitan dengan pelatihan untuk pengembangan kapasitas SDM yang dimilikinya.  Para pengajar yang baik selalu bisa menginspirasi orang lain untuk lebih maju dan berkembang dalam profesinya masing-masing.

#4 Jadi Ahli IT dan piranti lunak

Ahli koding atau programmer menjadi salah satu pilihan populer.Kebutuhannya terus berkembang di era digital. Pendidikan informatika dan komputer terus berkembang seiring kebutuhan ini.  Bekerja asyik dan sesuai minat serta mengandalkan kreatifitas memang asyik. Banyak dari kamu yang hobi ngoprek komputer.

#5 Jadi Ilmuwan

Menemukan hal baru, punya publikasi ilmiah dan punya hak paten akan membuat kamu dikenal luas. Juga menjamin kesejahteraan hidup. Kamu harus berupaya menjadi expert dan spesialis di bidang keilmuan tertentu untuk menjadi peneliti handal. Terus belajar dan berkolaborasi dengan peneliti lain adalah keasyikan tersendiri bagi kamu yang kelak menjadi peneliti.

Pilihan di atas untuk membantu kamu yang masih galau menentukan pendidikan apa yang akan kemu tempuh untuk menggapai cita-citamu.