5 Hal Penting Memulai Perubahan

5 Hal Penting Memulai Perubahan
gandhi

 

 

LAKBAN- Kamu punya niat baik hari ini? Wujudkanlah. Beranilah memulai dengan langkah kecil untuk mewujudkannya. Jangan mudah frustasi dalam merintis suatu hal baik. Apalagi perubahan dalam lingkunganmu. Daripada sibuk membahas perubahan dalam skala nasional, mending kamu sibuk melakukan perubahan nyata di sekitarmu.

Kamu hidup di dunia nyata. Dunia maya bisa melengkapi hidupmu di dunia nyata, namun tidak menggantikannya. Perubahan besar tidak berlangsung instan. Cenderung evolutif. Pelan tapi pasti. Semakin banyak orang yang terlibat. Karena kesadaran yang mendalam. Karena terpanggil, bukan terbuai oleh pesona sesaat.  

Dengan agenda nyata perubahan yang bisa kamu lakukan, kamu telah berkontribusi bagi perubahan dalam skala yang lebih besar. Seorang pemimpin yang tumbuh dari bawah dengan rekam jejak nyata di lingkungannya akan menjadi pemimpin yang kuat dalam memimpin perubahan di lungkup kepemimpinannya.

Perjuangan Mahatma Gandhi menginspirasi dunia. Konsisten dan teguh. Setia menempuh jalan damai nan panjang dalam memperjuangkan kemerdekaan, keadilan, dan kemanusiaan. Dalam lingkup paling kecil Ia menginspirasi dan menggerakkan kekuatan moral. Dan pada akhirnya tidak hanya negrinya yang berubah dan terinspirasi nilai-nilai yang diperjuangkannya. Dunia pun berterimakasih pada Gandhi.

Ada 5 kunci untuk memulai langkah perubahan

#1 Kondisikan PIKIRANMU. Dapatkan asupan inspirasi. Baca artikel ini juga bagian dari uopaya memotivasi diri. Untuk mendapat pencerahan. Semangat baru. Dan wawasan yang lebih luas tentang upaya untuk menggapai cita-citamu.  

#2 Kondisikan FISIKMU. Raga juga harus dilatih untuk siap menunjang terwujudnya gagasan-gagasanmu. Jadikan ragamu siap untuk ‘fight’. Bagaimana mau lakukan perubahan kalau sakit-sakitan. Ya nggak Guys? Makanya olahraga dan pola hidup sehat itu penting banget.  

#3 Dapatkan ROLE MODEL. Ada orang yang perlu kamu jadikan teladan atas pencapaiannya. Hingga kamu bisa lebih mudah membayangkan cita-citamu. MIsal ingin jadi desainer grafis. Siapa ornag yang ingin kamu contoh. Yang menurutmu desannya bagus. Karyanya diterima luas. Dan secara profesional mendapat apresiasi dari dunia kerja atau dunia industri.

#4  AKSI. Mulailah. Sebuah perjalanan panjang dimulai dengan satu langkah kecil. Sebuah perubahan besar dimulai dari satu atau segelintir orang. Banyak hambatan dan rintangan jangan sampai melemahkanmu. Justru disitulah ‘nikmatnya perjuangan’.

#5 SEDEKAH. Ini salah satu perspektif yang perlu kamu punya. Cari orang yang bisa kamu bantu. Bantulah dan kamu akan mendapat kemudahan-kemudahan dalam mewujudkan niatmu. Langkah ini juga menjaga kebersihan niatmu. Bahwa kamu ikhlas. Kamu berbuat positip tanpa pamrih. Dan perubahan besar pun akan kamu