5 Hal Penting Saat Travelling

5 Hal Penting Saat Travelling
(c) citylife nottingham

 

LAKBAN- Jalan-jalan punya banyak manfaat. Rekreasi akan semakin terasa kala kita mampu menggali makna yang lebih dalam daripada sekedar menikmati suasana baru. Pengetahuan bertambah. Wawasan semakin luas. Bahkan pengalaman spiritual kita pun akan bertambah.

Persiapan penting perlu dilakukan. Rencana detail perlu dibuat. Sehingga perjalanan yang hemat sekaligus banyak manfaat serta nyaman buat kita. Ada baiknya kita bisa berbagi berbagai hal tentang perjalanan kita. Baik lewat medsos maupun blog. Bukan untuk narsis lho. Tapi untuk menyampaikan sesuatu yang akan memperkaya wawasan orang lain. Terutama teman-teman kita.

Ada 5 tips yang Lakban rekomendasikan buat para traveller muda yang ingin menjelajahi indahnya dunia. Paling gak jalan-jalan nusantara lah!

1. Bertemu dengan orang lokal itu sesuatu lho. Tak sekedar menikmati alam dan kuliner, bersosialisasi sangat diperlukan dalam keseharian kita. Apalagi kalau kamu bisa belajar bahasa lokal. Lebih seru lagi kalau bisa menguasai aksen lokal.

Kamu juga bisa menggali budaya lokal yang mungkin tak kamu dapati di tempat lain. Atau belum pernah kamu baca dalam berbagai referensi. Kalaupun kamu pernah baca, tentu kamu akan lebih seru bisa mendengar dari sumber aslinya yang paling otentik. Semakin banyak yang bisa kamu gali dari msyarakat lokal di sekitar destinasi wisata, semakin banyak hal menarik yang bisa kamu tulis dan bagi.

  

2. Senyum dan Sapa

Jangan takut untuk menyapa. Bahkan pada orang yang baru kamu temui. Keramahan dalam takaran yang pas akan lebih banyak manfaatnya. Walau yang kau sapa orang yang baru kamu temui. Bahkan yang raut mukanya sangar tak bersahabat.

Dengan senyum dan sapa, kamu bisa mendapatkan informasi dan bantuan yang kamu perlukan. Hal itu juga menunjukkan bahwa kamu memiliki kepercayaan diri. Jangan takut digertak, dan tunjukkan bahwa kamu punya niat baik dan menghormati budaya lokal.

 

3. Cari Solusi dan Jangan Menyerah

Kadang kamu menemui kendala. Gak dapat angkutan. Gak ada hotel. Gak bisa bayar pakai kartu kredit atau debit. Dan berbagai hal. Jangan menyerah. Cari solusi dan jadikan itu menjadi bagian dari kisah menantang yang kamu bisa bagi kelak.

 

4. Bawa Selalu Beberapa Scarf

Buat kamu yang berhijab mungkin sudah bukan masalah. Namun buat kamu, khususnya yang perempuan, beberapa scarf akan sangat membantu tidak saja untuk melengkapi berbusana. Scarf bisa digunakan sebagai pelindung dari terik matahari, dari debu, juga dari udara dingin.

Termasuk juga membawa sarung atau kain panjang yang tergolong praktis untuk berbagai keperluan.

5. Back Up dan Salin Datamu

Jangan lupa menyalin nomor-nomor penting dalam beberapa catatan baik secara tertulis maupun digital. Fotokopi juga surat dan dokumen penting. Scan dan back up sebelum kamu berangkat.

Selama perjalanan pun kamu harus back up data foto dan video perjalananmu. Baik di hardisk, flash disk, atau di cloud. Resiko kehilangan dan rusak pada perangkat elektroknik cukup tinggi di perjalananmu.