5 Kiat Menulis Lagu

5 Kiat Menulis Lagu
penyanyi milla jirin dan pencipta lagu sigit baskara

LAKEYBANGET.COM - Hampir semua orang suka musik dan gemar akan lagu. Lagu yang melegenda diperdengarkan sepanjang masa. Bagaimana proses kreatif dalam menulis lagu? “Menulis lagu itu mudah.  Semua orang bisa melakukannya. Tak harus mengerti not balok.”, kata Sigit Baskara, seorang musisi, pencipta lagu, dan pegiat edukasi di bidang musik.

Tantangannya adalah bagaimana menulis lagu dengan melodi yang tak terlupakan dan lirik yang kreatif. Mencoba dan terus belajar menjadi kuncinya. Kalau kurang bagus ya jangan putus asa. Karena para pencipta lagu yang sudah kaliber pun mengalami masa jenuh. Kehabisan inspirasi.

Berikut adalah 5 kiat menulis lagu yang bermanfaat, masing-masing didukung oleh kutipan dari beberapa penulis lagu paling sukses di dunia.

#1. DIMANA MULAI MENULIS LAGUMU

Memulai adalah bagian tersulit dari proses penulisan lagu. Mengembangkan melodi utama atau kord utama lagu  dianggap oleh beberapa orang sebagai tempat terbaik untuk mulai menulis lagu. Setelah  mendapatkan progresi kait atau kunci akor, kamu dapat memenyelesaikan bagian lainnya. Ini bukan langkah baku lho. Tidak semua orang memulai menulis lagu dari tahap ini.

Dimulai dengan riff atau hook utama lagu tidak ideal untuk setiap penulis lagu. Beberapa penulis lagu lebih suka memulai di awal lagu mereka dengan menulis intro, yang akan mengarahkan mereka secara alami ke dalam sisa lagu, sementara yang lain akan menurunkan liriknya terlebih dahulu, dan kemudian memikirkan bagian lainnya.

Tidak ada aturan ketika harus menulis lagu baru. Ini tergantung pada penulis lagu, lagu, dan inspirasi asli untuk menentukan titik awal proses kreatif.

#2 MASALAH LIRIK ATAU SYAIR

Kecuali buat musik instrumental, lirik bisa dibilang bagian paling penting dari lagumu. Penulisan lirik dapat menjadi aspek yang paling membuat frustrasi dan sulit dalam proses penulisan lagu, terutama bagi penulis lagu amatir yang kurang berpengalaman.

Memiliki gagasan yang jelas tentang isi lagumu akan menjadi awal yang baik. Kamu dapat menuliskan apa yang ingin kamu sampaikan dalam lirik lagumu, kemudian bermain-main dengan irama, struktur, dan irama kata-katamu untuk menyesuaikannya dengan melodimu. Kait liris yang kuat untuk paduan suaramu sangat penting, sementara syair dan jembatan dapat dibangun di sekitar tema sentralmu.

Ajaran agama atau ayat-ayat dalam Kitab Suci bisa menajdi inspirasi dalam menulis syair lagu. Demikian juga dengan kauniyah atau fenomena alam. Elaborasi nilai ilahiyah tak hanya domain lagu reliji. Semua jenis lagu bisa mendapat ide dari ayat-ayat Tuhan

"Aku sengaja membaca lirik; aku benar-benar melakukannya. Aku akan datang dengan satu baris dalam sehari, dan kemudian mungkin beberapa hari sebelum aku muncul dengan garis berima.", kata Rod Stewart.

3. REKAM SEMUA MOMEN INSPIRATIF

Tidak ada yang lebih buruk sebagai penulis lagu selain menghasilkan melodi atau reff yang menakjubkan, lalu tiba-tiba lupa. Melupakan idemu dapat benar-benar membuat frustrasi.

Jadi penting untuk membuat catatan tentang idemu saat itu segar dalam pikiranmu, bahkan jika itu hanya direkam dengan cepat di ponselmu atau menulis di secarik kertas. Kamu akan senang dengan pengingat nanti ketika kamu kembali untuk melanjutkan mengerjakan lagu.

4. MENULIS DARI PENGALAMAN

Meski terdengar jelas, beberapa lagu terbesar dalam sejarah adalah tentang pengalaman pribadi, dengan para seniman menggambar peristiwa kehidupan nyata dan trauma untuk memicu kreativitas mereka.

Pengalaman yang sulit. Move on dari patah hati. Dan pengalaman yang luar biasa dapat menjadi ide bagi sebuah lagu.

 “Pengalaman saya dengan penulisan lagu biasanya sangat konfesional, sangat menarik dari kehidupan saya dan kisah saya sendiri.” Kata Taylor Swift

5. KOLABORASI DENGAN MUSIK LAIN

Jika  mengalami stagnasi atau kemandegan dalam menulis lagu, berkolaborasi dengan musisi lain jadi  cara yang bagus. Jadi terobosan baru dan mendapatkan perspektif baru.

Tunjukkan kepada mereka apa yang telah kamu dapatkan sejauh ini, diskusikan ide-ide baru yang mungkin mereka sarankan, dan lihat apa yang muncul darinya. Mendapatkan masukan dari musisi atau pengarang lagu lain dapat menjadi ajang kontemplasi buatmu.