5 Manfaat Terpenting Joging bagi Kamu

5 Manfaat Terpenting Joging bagi Kamu
ilustrasi jogging

 

LAKBAN – Olahraga adalah bagian terpenting dalam pola hidup sehat. Kebugaran tubuhmu akan sangat penting untuk menunjang aktivitasmu. Musuh utamanya adalah kemalasan. Sepanjang kamu bisa membuang rasa enggan, kamu pasti akan merasakan nikmatnya olahraga secara rutin.

Aktivitas kerja yang labih banyak menyita otak akan sangat memerlukan penyeimbang. Pun pada pekerjaan yang memerlukan stamina yang tinggi. Kehilangan keseimbangan dalam tubuh akan sangat berpengaruh bagi kesehatan dan kemampuan fisikmu. Pada akhirnya, kerja otak pun agar menurun bila tubuh tak berada dalam kondisi yang siap tempur.

 

Salah satu olahraga paling murah dan mudah adalah jogging. Manfaatnya segudang lho. Dalam artikel ini, Lakban rekomendasikan 5 diantaranya buat kamu. Simak ya Guys!   

 

Yang pertama, Jogging akan meningkatkan stamina. Rajin olahraga jogging mampu meningkatkan stamina tubuh, serta berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari.

Orang yang rajin melakukan jogging akan mengalami peningkatan level energi hingga 65 persen. Ini menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Georgia tahun 2008. Ini yang akan membuat kamu kembali fit beraktivitas. Buat kamu yang sekolah atau kuliah. Juga buat kamu yang sudah bekerja. Aktivitas yang satu ini akan sangat mendukung kebugaran dan kualitas kerjamu.  

Yang kedua, menurunkan resiko penyakit. Dengan melakukan jogging, maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh, artinya tubuh kamu dapat lebih terlindung dari serangan penyakit sehingga tidak mudah sakit. Jogging membantu untuk menurunkan resiko penyakit seperti kanker, stroke jantung, hipertensi, diabetes, osteoporosis, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan melakukan jogging, akan memperkuat jantung sekaligus menjaga tekanan darah, sehingga meminimalkan terjadinya serangan jantung .

Dengan jogging , paru-paru juga akan  menjadi kuat, membuat tubuh mampu menghirup oksigen dengan lebih baik lagi. Dan akibat positipnya adalah peningkatan  kapasitas darah untuk mengangkut lebih banyak nutrisi penting ke seluruh organ tubuh.

Yang Ketiga,  memperbaiki nafsu makan. Dengan melakukan olahraga maka metabolisme tubuh akan bekerja semakin baik dan meningkat, hal ini memberikan manfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

Buat kamu yang kurang nafsu makan dan terlalu kurus, jogging akan membantu memperbaikinya. Dengan asupan gizi yang teratur, kamu akan memiliki berat badan yang ideal. Sementara buat kamu yang kegemukan, jogging akan menurunkan berat badanmu.   

Yang Keempat, melawan penuaan dini . Manusia seiring dengan bertambahnya usia, maka kepadatan otot dan tulang akan berkurang. Maka penampilan luar dan kondisi organ tertentu pun akan mengalami penurunan. Menjadi tua tak bisa diingkari, tetapi terlalu cepat terlihat tua bisa dihindari.  Tulang yang terjaga kepadatannya, kulit yang tampak cerah, dan peredaran darah yang lancar akan sangat mendukung penampilan seseorang menjadi ‘lebih muda’ dari aslinya.

Kebiasaan jogging sejak muda akan sangat baik. Sehingga ketika beranjak dewasa kelak, kamu tetap akan memiliki kebiasaan sekaligus penampilan yang selalu muda.  

Yang Kelima, jogging juga dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Metebolisme tubuh yang baik akan membantu usaha penurunan kelebihan berat badan, menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Jadi, mulai perhatikan kebiasaan joggingmu ya Guys