5 Menu Terpopuler Yang Belum Tergeser

5 Menu Terpopuler Yang Belum Tergeser

LAKBAN – Urusan kuliner dan makan-makan selalu hangat di dunia maya. Tentu di keseharian kita juga. Urusan perut ini tak lekang oleh waktu. Setiap hari kita butuh makan. Kalau bisa tentu kita ingin yang enak-enak dan baru. Biar tak bosan.

Statistik google menjadi salah satu alat pengukur seberapa favorit sebuah menu. Ada beberapa resep yang paling banyak dicari netizen di mesin pencari ini. Dengan jumlah pengguna internet yang semakin banyak maka data ini bisa menjadi cermin minat kuliner khalayak.

Jangan bahas tentang kandungan nutrisi dulu. Selera lidah tetap nomor satu. Inilah daftar resep paling dicari sepanjang tahun yang baru berlalu. Versi google tren guys!

#1 Pisang Nugget

Ini kudapan yang cocok buat nememin ngopi atawa ngeteh. Bosan dengan pisang goreng, pisang epe’, atau pisang molen? Cobalah resep yang satu ini.

Pisang dilumatkan dan dicampur dengan tepung dan telur. Di permukaanya dilumuri tepung panir hingga terasa ‘crunchy’. Nah toping-topingnya bisa membuat pilihan lebih variatif.

Di kafe-kafe menu ini menjadi salah satu favorit. Cukup mengenyangkan dan simpel. Kalau sudah makan besar mending makan kudapan ini. Apalagi di malam hari saat kita berusaha mengurangi makan nasi.

#2 Ceker Mercon
Kaki ayam ini ternyata punya gengsi juga. Apalagi kalau dipedesin. Mungkin bisa membuat kamu lincah dalam berfikir dan bertindak. Hah! Apa hubungannya?  Ceker jelas makanan sehat. Biar asyik ya dikasih mercon alias petasan. Bukan. Dikasih bumbu pedas. Kesan sebagai makanan kelas bawah otomatis bisa berubah. Apalagi bila pembuatnya memang mengolahnya dengan citarasa penuh cinta.

#3 Rendang Padang
Ini salah satu menu jenis masakan terenak di dunia. Rasa bumbu rempah yang merasuk dalam daging atau bahan utama lainnya menjadikan rendang terasa nendang di lidah. Tak harus dari daging sapi atau kerbau, rendang jengkol pun enak banget. Sangat spicy itulah ciri khasnya.

Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang menggunakan santan sampai kuahnya kering sama sekali.

Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu.

Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna cokelat terang keemasan.

#4 Tongseng
Ini temannya sate. Makanan yang mungkin agak berbahaya bagi yang punya darah tinggi dan kolesterol. Tapi siapa yang bisa nolak makanan enak? Sikat aja!

Tongseng adalah sejenis gulai dengan bumbu yang lebih tajam. Tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Tongseng pada umumnya menggunakan daging kambing, meskipun ada pula tongseng daging sapi dan kerbau.

Sebagai tambahan, ke dalam kuah kental dimasukkan sayuran seperti kol, bawang putih, tomat, dan kecap. Bumbunya merupakan oseng-oseng yang terdiri dari campuran garam, bawang putih, kecap, dan lada. Biasanya tongseng dijual bersamaan dengan sate kambing.

#5 Kue Lumpur

Yang ini favorit keluarga. Tekstur kentang yang lembut dan aroma yang harum saat kue ini disajikan hangat menciptakan suasana harmoni dalam keluarga.

Kue lumpur adalah penganan ringan dengan bahan utama santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Sebagai pewangi digunakan vanila dan seringkali diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris di permukaannya. Kue ini tergolong kue basah sehingga tidak tahan disimpan lama.