5 Rahasia Sukses buat Wirausahawan Muda

5 Rahasia Sukses buat Wirausahawan Muda
ganett gee (c) youngentepreneur

 

LAKBAN- Anak muda tidak identik lagi dengan bersantai-santai. Pilihan untuk menjadi sukses di usia belia menjadi tantangan tersendiri saat ini. Justru dalam kondisi otak dan otot yang segar, kamu bisa berlari mengejar prestasi.

Sebagian dari kamu mungkin lebih memilih jalur akademik. Di jalur ini, kamu yang mungkin sedang berlomba mencari sekolah dan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Seleksi masuk sekolah menengah dengan sistem zonasi.  Pun bagi kamu yang lulus sekolah menengah dan hendak mengambil pendidikan di perguruan tinggi.

Ada pula yang memilih jalur seni atau olahraga untuk menancapkan bendera eksistensi diri. Menjadi seniman atau pekerja seni sudah menjadi alternatif profesi yang cukup menjanjikan saat ini. Industri kreatif semakin berkembang pesat. Atau menjadi atlet di berbagai cabang olah raga. Tak sedikit dari kamu yang serius menekuni profesi sebagai pemain bola, pebulu tangkis, dan sebagainya.  

Sementara itu, ada pula diantara kamu yang ingin menjadi wirausahawan atau pebisnis. Informasi dan kesempatan untuk menjadi pelaku semakin terbuka. Tak jarang beberapa kisah sukses justru datang dari kalangan belia.Lalu apa rahasianya?   

Pertama, berani memulai. Keberanian untuk melakukan langkah pertama akan diikuti oleh langkah selanjutnya. Jatuh bangun akan menjadi pengalaman menempa diri menjadi karakter pebisnis yang tangguh. Pada saat kamu masih muda, dan belum menikah, kamu lebih leluasa dalam mengambil resiko. Tentu bukan berarti ceroboh.  

Kedua, didukung penguasaan teknologi. Kamu harus memahami perubahan dalam lingkungan bisnis yang membuat kamu harus menyesuaikan diri. Teknologi terutama yang berkaitan dengan IT, digital, dan komunikasi sangat mempengaruhi cara orang memasarkan produk dan bertransaksi. Ketinggalan dalam hal ini akan membuatmu ‘kalah’ dalam persaingan.

Ketiga, dipandu mentor mumpuni . Banyak pengalaman yang kamu harus alami. Namun banyak juga pengalaman orang lain yang bisa kamu serap hingga kamu tak perlu mengalami kesalahan yang sama dengan pendahulumu. Nah, itulah perlunya seorang mentor. Kamu bisa dipandu berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang pernah dilalui sang mentor. Kamu pun bisa lebih cepat berlari dalam memenangkan persaingan bisnis.   

Keempat, mampu mengembangkan jejaring yang luas. Pengetahuan dan pengalaman saja tidak cukup. Kamu juga harus memperluas pergaulan hingga mewujud menjadi jejaring yang mampu menunjang bisnismu. Dengan luasnya pergaulan, masuk dalam asosiasi profesi atau bisnis yang sesuai dengan minatmu, dan berbagai komunitas bisnis akan sangat menguntungkan.

Kelima, penuh perhitungan. Keberanian dan kecepatan langkah yang kamu lakukan haruis dikombinasikan dengan perhitungan yang matang dan memadai. Jangan hanya terpukau dengan bayangan keuntungan di depan mata, kamu juga harus pandai mengukur resiko. Jangan keburu memperluas usahamu sebelum kamu siap dengan seluruh sumber daya yang mendukung perluasan bisnismu.

Dari 5 langkah ini, kamu bisa mulai membangun masa depanmu sebagai pelaku usaha yang sukses. Sejak usia muda kamu bisa eksis di ladang bisnis. Dan kamu bisa menjadi pejuang bisnis yang membuka lapangan kerja bagi banyak orang. Membuat negerimu berdaulat secara ekonomi.