5 Rahasia Sukses Drakor

5 Rahasia Sukses Drakor
(c) vebma.com


LAKBAN- Drama Korea punya segudang penggemar fanatik. Bahkan sampai di negeri kita. Tentu ada alasannya. Padahal apa hebatnya ya? Kita sering bertanya-tanya mengapa film televisi dan sinetron kita tak mampu menandingi kehebatan industri kreatif drama korea?

Sepintas kamu mungkin punya alasan yang terdengar klise. Ceritanya menarik dan bikin baper. Atau pemainnya yang cute abis dan bikin gemes. Tapi tentu tak hanya sekedar itu. Kalau soal bikin cerita dan mencari talent tentu drama televisi kita takkan kalah jauh.

Yang pertama, drama Korea dibuat dalam sistem yang sudah matang dan profesional. Iklim industri kreatif sudah menjanjikan suasana yang produktif di Korea Selatan. Tak hanya hanya dalam urusan drama televisi, dalam industri musik pop pun kita mencermati moncernya bendera K-Pop.  Sebagaimana industri lainnya, industri drama korea memiliki daya saing yang tinggi.

Yang kedua, para senimannya dihargai dengan maksimal. Pendapatan para aktor atau aktris, sutradara, dan seluruh kru yang terlibat dalam industri drama korea. Hak dan kewajibannya diatur dan dilindungi dengan jelas secara legal formal.

Yang ketiga, perencanaan matang alias Gak Pake Kejar Tayang. Padatnya jadwal diantisipasi dengan penjadwalan yang dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan demikian komitmen seluruh personil yang terlibat dalam produksi dapat dijaga. Tentu ada kompensasi dan konsekuensi bila ada perubahan jadwal karena sesuatu yang diluar prediksi.

Yang keempat, modal produksi yang sesuai tuntutan skenario. Dalam industri yang sudah berkembang dengan baik, modal finansial bukanlah sesuatu  yang sulit untuk diwujudkan. Sehingga lokasi yang mahal bahkan sampai ke mancanegara pun mereka lakoni untuk mendapatkan suasana cocok.  

Yang kelima, soundtrack yang menarik. Lagu yang menjadi soundtrack mengikat imaji penonton tentang suatu judul dengan sangat kuat. Drama Korea menempatkan soundtrack yang menarik di setiap serial yang mereka produksi.