5 Strategi Mencapai Sasaran dalam Pemasaran Digital

 

LAKEYBANGET. COM – Perkembangan digital marketing semakin pesat. Mau tidak mau kita semua akan bersentuhan dengannya. Baik sebagai penjual maupun pembeli. Sebagai produsen atau konsumen. Sebagai pengembang ataupun pengguna dari segala plaftform dan piranti yang digunakan dunia digital marketing.

Sebagaimana kita tahu Digital Marketing atau Pemasaran Gigital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, secara pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet.

Salah satu yang penting kita fahami adalah strategi untuk mencapai sasaran dalam pemasaran digital. Dari sekian banyak artikel tentang ini, ada 5 hal yang patut kita cermati agar kita fokus dalam pengembangan pemasaran produk kita melalui media digital. Ini dia!

#1 Dapatkan Audiens yang Tepat

Sasaran kita ke entitas bisnis atau personal. Ini kita perlu identifikasi dengan baik. Jangan kemarik dan kehilangan fokus. Kita harus mampu menentukan pilihan apakah kita akan berada di sisi B2B (business to business) atau B2C (business to consumers).

Bila pilihannya B2C maka kita harus identifikasi pada rentang umur berapa, laki-laki atau perempuan, tinggal di perkotaan atau pedesaan, dan seterusnya.  

#2 Eratkan Keterlibatan Audiens

Jika ada satu hal yang tidak bisa kita lakukan terlalu banyak dalam pemasaran digital, itu berinteraksi dengan pengikut. Saat berinteraksi dengan audiens, kita menarik perhatian mereka dan menciptakan pengalaman positif dan berharga bagi calon pelanggan. Saat kita ingin meningkatkan strategi pemasaran digital, lihat bagaimana kita terlibat dengan audiens - jika sama sekali. Lebih sering daripada tidak, ketika kita meningkatkan keterlibatan kita, kita melihat pengembalian investasi yang lebih tinggi, pengikut, 'suka,' dan klien.

Fokus pada iklan sosial. Email dan iklan yang disponsori menghasilkan pengalaman yang paling netral. Meskipun kita mungkin tidak berpikir bahwa kita ingin memberikan pengalaman netral, itu jauh lebih besar daripada pengalaman negatif. Iklan yang sukses tidak mengganggu, seperti mengikuti kampanye di platform media sosial. Selain itu, pemasaran yang telah dipilih pengguna untuk diterima juga diterima dengan baik. Singkatnya, buletin email, iklan LinkedIn yang disponsori, dan iklan Facebook berfungsi dengan baik untuk melibatkan pemirsa. Opsi-opsi ini cenderung kurang memaksa, sambil berfokus pada berbagi konten dan penawaran hebat!

#3 Dorong motivasi Audiens untuk Bertindak

Audiens sebagai calon konsumen perlu didorong untuk mengambil tindakan. Mencoba produk, membeli, dan memberi komentar atau review atas produk yang kita jual. Langkah penting ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang penting jangan sampai ketinggalan untuk membangun motivasi konsumen untuk ‘menikmati’ jualan kita.

Tambahkan nilai ke iklan kita. Pemasaran digital kita masih berupa konten - jadi jadikan itu layak dibaca! Pilih untuk meningkatkan nilai bagi audiens  daripada mendorong mereka untuk membeli. Semakin banyak bisnis yang memilih untuk membuat konten yang informatif dan menarik bagi audiens mereka daripada menjual produk atau layanan mereka. Hasil? Lebih banyak klien dan konsumen. Terlebih lagi, iklan bayar per klik berbasis konten mengarahkan pelanggan ke produk Kita secara langsung!

#4 Pastikan Efisien dalam Beriklan

Fokuskan penargetan kita. Salah satu keuntungan terbaik menggunakan iklan digital adalah opsi penargetan yang tersedia untuk kita. Kita dapat merampingkan iklan Facebook Kita untuk menjangkau segmen pengguna yang paling mungkin menganggapnya berguna. Opsi ini menambah nilai dengan menawarkan konten berharga, mengarahkan lalu lintas yang relevan, dan mengubah pengunjung tersebut menjadi prospek berkualitas tinggi!

#5 Maksimalkan Return on Investment

Ya, ini semua tentang persaingan. Pesaing kita tidak menganggap enteng, begitu juga kita. Setiap pemilik bisnis bermimpi mendominasi dan memengaruhi pasar untuk waktu yang lama. Hal utama yang memotivasi perusahaan untuk terus berusaha adalah mencapai ROI yang tinggi.

Tapi, bagaimana kita tahu jika mendapatkan ROI tinggi? Mengukurnya adalah langkah pertama. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk menganalisis kampanye kita dan memahami cara pasar berubah. Dengan demikian, kita dapat menilai kembali, merevisi dan menyusun ulang strategi pemasaran kita.