6 Inovasi Teknologi Medis 2018

6 Inovasi Teknologi Medis 2018
teleterapi

 

LAKBAN- Perkembangan dunia medis tak lepas dari perkembangan teknologi yang menyertainya. Penemuan-penemuan mutakhir yang melibatkan berbagai disiplin ilmu telah membuat lompatan-lompatan dalam perawatan kesehatan. Kecanggihan teknologi medis membuat berbagai kemajuan dalam layanan kesehatan.   

Di 2018 ini ada beberapa catatan yang Lakban himpun buat kamu terkait teknologi paling update di dunia medis. Antara lain obat-obatan dengan presisi tinggi, pita pembatas darah, dan teleterapi.

Dunia medis adalah dunia yang dinamis. Karena teknologi dan kemampuan baru meningkatkan kemampuan bagi para dokter dan peneliti, pasien mendapat manfaat dengan perawatan, monitor, dan obat-obatan baru.

PERTAMA. Inhaler pintar. Ini kabar baik buat kamu yang menderita asma. Kortikosteroid inhalasi dan bronkodilator adalah perawatan utama untuk asma. Obat pertama membantu mengendalikan peradangan sementara yang kedua segera memberikan bantuan ketika gejala muncul.Inhaler efisien ketika digunakan dengan benar.

Gunakan  inhaler cerdas yang mendukung Bluetooth. Perangkat ini dirancang untuk mendeteksi penggunaan inhaler, mengingatkan pasien untuk menggunakan obat mereka, mendorong penggunaan perangkat yang tepat, dan mengumpulkan data tentang penggunaan inhaler oleh pasien hingga dapat membantu memandu perawatan. Setiap kali inhaler digunakan, ia mencatat tanggal, waktu, tempat, dan apakah dosis diberikan dengan benar.

Perangkat tambahannya mampu merekam ke inhaler yang ada dan mengirim data ke aplikasi ponsel pintar, kini tersedia. Dalam uji coba klinis untuk perangkat inhaler cerdas pengaya Propeller, para peneliti menemukan bahwa peserta menggunakan lebih sedikit obat pereda, memiliki lebih banyak hari bebas pereda, dan meningkatkan kontrol asma secara keseluruhan selama 12 bulan penelitian.

KEDUA. Pelatihan pembatasan atau penyekatan aliran darah. BFR atau Blood Flow Restriction. Inovasi terbesar dalam kebugaran untuk 2018 menjanjikan hasil pertumbuhan otot yang besar saat menggunakan sedikitnya 10 hingga 20 persen dari berat badan yang biasanya kamu gunakan. Bagaimana ini mungkin?

Membatasi aliran darahmu. Pelatihan pembatasan aliran darah  menggunakan manset atau band tekanan darah khusus untuk menghentikan aliran darah yang kekurangan oksigen dari anggota tubuhmu. Setelah tekanan darahmu mencapai tingkat optimal, kamu melakukan manuver pembentukan otot tradisional, tetapi kamu menggunakan bobot yang lebih kecil.

Penelitian menunjukkan membatasi aliran darah mengurangi oksigen yang dapat diakses ototmu selama latihan. Tanpa oksigen, otot-ototmu mengalami  stres metabolik. Kamu tidak perlu beban berat untuk menumbuhkannya saat otot berada di fase rendah oksigen ini.

Sebelum pergi ke gym dengan band atau tali pengikat, Dr. William P. Kelley, DPT, ATC, CSCS, dengan USA Sports Therapy, menyarankan agar kamu berkonsultasi dengan seseorang yang terlatih untuk melakukan BFR dengan benar.

KETIGA. Teleterapi. Aplikasi dan obrolan ponsel cerdas membuat gelombang dalam adegan terapi, tetapi itu adalah teknologi lain yang mungkin benar-benar membawa perawatan kesehatan mental kembali ke interaksi manusia-ke-manusia.

Teletherapy, atau memberikan sesi oleh antarmuka video-enabled, mungkin adalah pengembangan teknologi yang paling penting untuk kesehatan mental," kata Dr Ken Duckworth, direktur medis untuk Aliansi Nasional pada Penyakit Mental.

Duckworth mengatakan kepada Healthline bahwa ketika masyarakat semakin berevolusi tentang peran perawatan kesehatan mental secara keseluruhan, semakin besar permintaan akan terapis dan psikiater.

Namun, jumlah penyedia ini tidak berkembang untuk memenuhi permintaan pasien. Dalam hampir segala hal, teleterapy sama dengan terapi tradisional. Kamu masih duduk berhadap-hadapan dengan seorang praktisi, dan Kamu berdua berbicara.

Namun alih-alih sofa dan kursi, pasien menggunakan Skype dan FaceTime atau layanan konferensi video lainnya. Manfaat dari pengalaman berbasis web ini adalah tidak ada yang harus bepergian ke mana pun, dan kamu dapat memiliki sesi dari mana pun kamu berada, kapan pun kamu bisa.