6 Kunci Kesuksesan Alibaba

6 Kunci Kesuksesan Alibaba
(c) alipay

 

LAKBAN- Kalau kamu mau tahu pertumbuhan ekonomi dunia, lihatlah pertumbuhan ekonomi Tiongkok sebagai salah satu lokomotifnya. Dan kalau kamu mau melihat pertumbuhan ekonomi Tiongkok, liriklah pertumbuhan ekonomi digitalnya. Akan kamu temui  AliBaba sebagai pemain kunci ekonomi digital. Tak hanya di Tiongkok. Juga di dunia. 

prnewswire

Ada 6 kunci keberhasilan Alibaba. Berikut ulasan lakban buat kamu.  

#1 Entri Mudah. Tak perlu syarat atau dokumen yang rumit bagi calon pelapak dan pembeli. Di Group Alibaba ada Taobao. Mendirikan toko online di Taobao gratis dan mudah. Biaya yang terkait dengan penjualan di platform jelas dan hubungan yang transparan. Pembeli hanya perlu memverifikasi identitas mereka saat mendaftarkan akun pengguna. Ini membuat membeli dan menjual dengan Alibaba nyaman.

#2 Ekosistem. Lebih dari segalanya, Alibaba adalah platform perdagangan. Ini termasuk portal penjualan online, sistem pembayaran yang aman dan mudah digunakan (Alipay), jaringan logistik yang berkembang cepat, dan semakin banyak layanan keuangan - banyak di antaranya lebih unggul daripada yang ditawarkan oleh lembaga keuangan tradisional (misalnya bank) . Alipay kini berada di mana-mana di luar platform Alibaba karena pasar China sangat terpecah-pecah dan ada beberapa platform pembayaran yang mudah dipercaya oleh semua pelaku pasar.

#3. Kepercayaan dan Keamanan. Karena alasan-alasan baik kepercayaan historis maupun baru-baru ini di Cina didasarkan pada hubungan pribadi. Namun, dalam perdagangan online, itu tidak praktis - jika tidak mustahil - untuk membangun hubungan kerja yang kuat dengan masing-masing vendor atau pelanggan.

Alibaba mengatasi masalah ini dengan menciptakan AliPay, sistem pembayaran online yang aman. Identitas dan kebenaran dari kedua pelanggan dan vendor diverifikasi untuk setiap akun. Selain itu, pembayaran kepada vendor ditangguhkan sampai pelanggan menerima pesanan mereka sesuai kesepakatan. Ini memastikan vendor dibayar dan pelanggan tidak tertipu. Pasar e-commerce China tidak dapat berkembang dengan cepat - atau lancar - tanpa AliPay, yang mengatasi defisit kepercayaan di pasar domestik.

#4 Skala. Firma ini menarik banyak vendor dan pelanggan, yang pada gilirannya, membuat pembelian dan penjualan di platform perusahaan semakin menarik; siklus yang baik. Setelah mengamati kemampuan Amazon untuk menurunkan biaya dan meningkatkan layanan dengan mengendalikan setiap langkah dari proses pembelian dan pengiriman, Alibaba juga mengembangkan jaringan logistiknya sendiri. Ini akan semakin berkontribusi terhadap dominasi perusahaan karena skala: biaya lebih rendah, waktu kurang, layanan lebih cepat.

#5 Layanan. Sebagian besar perusahaan di China fokus pada harga dan mengirimkan produk melalui layanan pelanggan tanpa embel-embel. Alibaba memberikan layanan berorientasi pelanggan yang sangat responsif dengan biaya yang relatif rendah (mis. Online).

Di pasar yang ramai di mana sebagian besar konsumen terbiasa dengan pengalaman layanan pelanggan yang buruk (sering berfokus pada melayani perusahaan, bukan pelanggan), ini telah memungkinkan Alibaba dan mereknya untuk menonjol.

#6 Lokalisasi. Sejak awal, Alibaba jelas memahami bagaimana rata-rata konsumen Cina mendekati belanja, harapan mereka, dan faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Misalnya, sedangkan konsumen di AS lebih suka desain situs web 'bersih' bebas dari kekacauan dan navigasi yang nyaman, konsumen China menginginkan situs web yang memungkinkan mereka menemukan semua yang mereka butuhkan di laman utama.