7 Hal Penting untuk Membuat Drone Sendiri

7 Hal Penting untuk Membuat Drone Sendiri
(c) dreamstime

 

 

LAKBAN - Kamu ingin punya drone? Atau kamu sudah punya dan ingin mencoba membuatnya sendiri? Ya, memang selalu menarik untuk mencoba. Termasuk mencoba membuat ‘drone’ mu sendiri. Berikut pengetahuan dasar yang harus kamu kuasai untuk itu :

#1. Frame atau rangkanya.  Serat karbon menawarkan perpaduan terbaik dari kekuatan, berat, dan daya tahan.  Menabrak benda satu ton juga gak masalah. Baling-baling 5 inci

#2. Baterai. Standar industri adalah baterai empat sel. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan baterai jenis ini. Tinggal menyesuiakan dengan isi kantongmu saja.

#3. Motor dan Propeller. Motor dinilai dalam kilovolt, atau rpm yang dihasilkan per volt. Pilihan kilovolt yang lebih tinggi berarti motor lebih responsif, tetapi mereka membuat baterai lebih cepat habis.

Motor dan baling-baling freestyle yang kamu gunakan mungkin kurang agresif. Tetap pada rasio stres terhadap berat 4: 1. Jadi jika rangka dronemu, baterai, motor, dan komponen utama lainnya beratnya 500 g, kamu memerlukan motor yang akan memberi dronemu 2 kg daya dorong, atau 500 g per motor. Semakin berpengalaman, semakin cepat kamu ingin meningkatkan rasio itu.

#4. Brain. Flightboard melakukan melakukan kalkulasi untuk  menjaga drone stabil di udara. Pengendali kecepatan elektronik (ESC) mengirimkan perhitungan ke motor. Belilah ESC yang dapat mengambil input langsung dari baterai, sehingga dronemu tidak memerlukan papan distribusi daya.

#5. Mata atau kamera. Untuk melihat apa yang dilihat drone, kamu akan membutuhkan kamera keamanan kecil, pemancar video, dan melihat kacamata. Fat Shark Goggle-lah yang paling populer. Kamera dan pemancar 5.8-gigahertz jenis lain tetap akan berfungsi. Gunakan antena terpolarisasi melingkar untuk menghubungkan kacamatamu ke pemancar. Ada dua polarisasi, kanan dan kiri. Pastikan antena memiliki polarisasi yang sama dengan kacamatamu.

#6. Kontrol atau pengendali. Pilih handset yang mentransmisikan dalam frekuensi 2,4 GHz dan dapat terhubung ke komputermu dengan USB sehingga kamu dapat berlatih pada simulator. Drone Racing League memiliki opsi gratis yang bagus. Kamu akan memiliki kesempatan untuk crash tanpa merusak dronemu.

#7. Pemrograman. Ada dua opsi firmware utama: KISS dan Beta Flight. Penerbangan Beta adalah open source; KISS bersifat komersial. Flash papanmu dengan firmware dan kemudian kalibrasi pengaturan untuk memastikan semuanya berbicara dengan benar.

Apakah upayamu akan membuahkan hasil? Ada banyak panduan di luar sana - YouTube, forum, grup Facebook - yang dapat menjadi tempatmu berguru. Selamat mencoba Guys..