Ada Apa di Langit Agustus? Meteor Perseid!

LAKBAN - Apa yang bisa saksikan pada bulan ini? Bukan konser atau film di bioskop saja lho! Di langit Agustus, carilah "bintang jatuh". Hujan meteor Perseid yang terjadi setahun sekali. Gejala alam ini sangat menakjubkan untuk disaksikan.   

LakBan mencari tahu dari beberapa referensi tentang fakjta Sains ini. Salsh satunya dari situs NASA. Menurut mereka bulan yang cerah akan membanjiri meteor yang lebih redup tahun ini. Ditambah lagi, kunjungan malam Bulan ke Jupiter dan Saturnus.

Kita bisa melihat selusin atau lebih meteor per jam, termasuk meteor yang sangat terang, juga disebut bola api. Meteor ini adalah partikel yang tertinggal di jejak puing sebuah komet bernama Swift-Tuttle. Dahsyat ya?

Bola debu sedingin es seluas 16 mil ini mengorbit Matahari setiap 133 tahun.  Lama juga ya? Dan terakhir menyapu tata surya bagian dalam pada tahun 1992 dan akan kembali pada tahun 2126. Ini yang membuatnya sayang untuk dilewatkan.

Bumi melewati sebagian jejak puing ini setiap tahun, menciptakan hujan meteor ketika serpihan-serpihan kecil komet bertabrakan dengan atmosfer kita dan terbakar. Semua itu menjadi peringatan bagi kita betapa Tuhan Maha Mengatur segalanya. Hingga kita masih bisa selamat dari gempuran benda-benda langit.

Kamu harus catat nih! Penampilan terbaik tahun ini adalah pada pagi hari tanggal 12 dan 13 Agustus, dalam beberapa jam terakhir sebelum fajar. Dengan perhitungan sains, peristiwa ini bisa diramalkan dan dihitung.  Jangan sampai terlewatkan. SImpan di pengingat yang ada dalam gawaimu.

Bulan akan hampir penuh selama waktu ini, jadi kita akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk melihat meteor ketika Bulan rendah di barat, atau periode singkat setelah itu ditetapkan.

Untuk menonton meteor terbaik, hadapkan ke timur dan lihat ke atas.

Perseids umumnya tampak memancar dari suatu titik di sini, sedikit ke kiri gugusan bintang Pleiades, tetapi mereka dapat muncul cukup banyak di mana saja di langit.

Sangat penting untuk menemukan tempat yang jauh dari cahaya terang dan memberi sedikit waktu pada mata Anda untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan. Cobalah untuk menghindari melihat layar ponsel Anda yang cerah juga. kita akan melihat lebih banyak meteor dengan cara itu.

Dan meskipun kita lebih cenderung melihat meteor di puncak shower, kita juga harus bisa melihat beberapa malam di minggu sebelumnya. Kecerahan Bulan akan menghapus sebagian besar Perseids yang lebih redup tahun ini.

Di planet bercak bulan ini, Bulan berpasangan dengan Jupiter di langit malam pada tanggal 9. Kemudian kunjungan dengan Saturnus pada tanggal 11.