Alfred Nobel, Dinamit, dan Penghargaan (2)

Alfred Nobel, Dinamit, dan Penghargaan (2)
medali nobel (c) peerscientist

LAKBAN- Nama Alfred Nobel dikenal dan bergema ke seluruh dunia. Hingga saat ini. Karena ia tak hanya menjadi penemu dan pebisnis. Bahkan banyak orang awam yang tidak tahu bahwa dia lah sang penemu dinamit. Penghargaan atau Hadiah Nobel lebih dikenal luas. Prakarsa ini diawali pada tanggal 27 November 1895, Alfred Nobel menandatangani wasiat ketiga dan terakhirnya di klub Swedia-Norwegia di Paris.

Ketika dibuka dan dibaca setelah kematiannya, menyebabkan banyak kontroversi di Swedia. Bahkan di dunia internasional. Keluarga Nobel menentangnya. Para penerima hadiah yang ia beri nama menolak untuk melakukan apa yang diminta dalam wasiatnya. Hal itu terjadi beberapa tahun sebelum Hadiah Nobel pertama dapat diberikan pada tahun 1901.

Dalam kutipan prakarsa ini, Alfred Nobel menyatakan bahwa seluruh hartanya yang tersisa harus digunakan sebagai hadiah bagi mereka yang, selama tahun sebelumnya,  memberikan manfaat terbesar bagi umat manusia.

Penghargaan Nobel, sesuai amanat Alfred, dibagi dalam beberapa bagian. Masing-masing bagian itu dipilih oleh para Juri yang berbeda. Berikut uraiannya, Guys !

PERTAMA. Untuk orang yang akan telah membuat penemuan paling penting atau penemuan dalam lapangan. Penemuan-penemuan penting telah mengubah kehidupan manusia. Manfaat yang besar telah dirasakan oleh ummat manusia.   

KEDUA. Untuk orang yang telah menghasilkan penemuan paling penting dalam domain fisiologi atau kedokteran. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh para peneliti yang bekerja keras di bidang ini. Tentu saja ummat manusia sangat berterima kasih pada mereka. Dan penghargaan Nobel mewakili rasa syukur itu. Untuk bidang fisiologi atau karya medis diselenggarakan oleh Karolinska Institute di Stockholm.  

KETIGA. Bidang sastra, karya yang paling menonjol dan mengusung idealisme. Sastra mengusung nilai, membuat para pembaca bisa saling memahami bahkan terhadap budaya yang berasal dari belahan dunia lain. Sastra mampu mencerahkan pemikiran manusia. Menggerakkan nilai-nilai kebaikan. Maka Nobel Sastra mewakili apresiasi ummat manusia. Penghargaan untuk sastra diselenggarakan oleh Akademi di Stockholm.

KEEMPAT. Bidang Perdamaian yang diselenggarakan oleh panitia lima orang yang akan dipilih oleh Storting Norwegia. Para pejuang perdamaian pantas menerima apresiasi yang tinggi. Konflik dan perang membuat dunia menderita. Keteguhan sikap dan upaya keras dalam menciptakan perdamaian sangat penting bagi kemanusiaan.

Nah, dengan membaca artikel ini kamu tahu betapa nama besar Nobel telah mampu menginspirasi dunia. Kebaikan hati Alfred Nobel telah mengubah dunia menjadi lebih baik. Lebih mensyukuri hal-hal baik yang dilakukan oleh orang-orang baik.