Apakah Kamu Cocok Menjadi Pengacara?

Apakah Kamu Cocok Menjadi Pengacara?

 

LAKEYBANGET.COM- Lawyer atau pengacara kondang menjadi public figure. Tak hanya populer sebagian dari mereka kaya raya bergelimang harta. Kasus-kasus besar ditanganinya. Juga aspek legal formal para investor dengan perusahaannya yang perlu ditangani dengan profesional. Dari ranah pidana hingga perdata.  

Menjadi seorang pengacara adalah profesi yang menyenangkan dan mulia. Bergantung pada bidang hukum apa yang kamu putuskan untuk praktikkan. Profesi tersebut pada umumnya bayarannya tinggi.

Di luar itu, kamu akan tahu pada akhir pekerjaan setiap hari bahwa kamu telah membantu seseorang, seringkali dengan sangat intens dan mendalam. Sebut saja mereka yang bergiat di Lembaga Bantuan Hukum. Banyak kasus ‘orang kecil’ yang diperjuangkan.

Tetapi apakah kamu memiliki prasyarat yang diperlukan untuk menjadi seorang pengacara? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai untuk mencapai karier ini.

Apakah kamu mau, punya biaya, atau bisa mengkases beasiswa ke pendidikan hukum?

Di AS profesi pengacara tidak lagi merupakan jalan yang pasti menuju kehidupan keistimewaan sosial dan ekonomi. Banyak pengacara mendapatkan kehidupan yang nyaman dan gelar. Tentu saja memiliki nilai di pasar saat ini.

Kamu harus mempertimbangkan biaya sekolah hukum dan kehilangan pendapatan selama tiga tahun terhadap potensi pengembalian gelar sarjana hukum. Bekerja di LBH relatif lebih kecil pendapatannya dibandingkan bekerja di firma hukum yang besar.

Kuliah hukum adalah program empat tahun jika kamu menghadiri penuh waktu. Kuliah hukum adalah proposisi penuh waktu dengan tugas kelas, externships dan kegiatan terkait sekolah lainnya yang cukup banyak membuat pekerjaan di luar menjadi tidak mungkin selama waktu ini.

Apakah Kamu Berkinerja Baik di Bawah Tekanan?

Secara khusus, apakah kamu melakukan tes dengan baik di bawah tekanan? Selain LSAT dan ujian pengacara, mahasiswa hukum harus mengikuti berbagai ujian di sekolah hukum. Terkadang nilaimu ditentukan oleh hanya satu tes yang diberikan pada akhir kursus selama setahun, jadi berkinerja baik adalah ukuran kemampuan mengambil tes seseorang, setidaknya sebagian.

Apakah Kamu Nyaman Dengan Berbicara di Depan Umum?

Kamu harus nyaman menyajikan informasi kepada orang lain, termasuk klien, hakim, arbiter, jaksa penuntut, saksi, dewan, dan kolega. Pengacara persidangan harus merasa ‘at home’ kala mengadvokasi hakim dan menjadi panggung utama di ruang sidang.

Pengacara perusahaan harus sama-sama merasa nyaman di ruang rapat dengan mata terpaku di kedua sisi meja ruang konferensi. Bahkan pengacara di dalam perusahaan diharuskan memimpin komite, memimpin rapat, dan membuat presentasi kepada staf dan lainnya.

Apakah Kamu Suka Kata-Kata?

Kata-kata adalah alat pengacara untuk perdagangan. Pengacara adalah komunikator yang sangat baik, mahir dalam argumen lisan, dan mereka juga penulis yang kuat. Pengacara pengadilan harus menguasai seni persuasi lisan dan tertulis ketika mereka berdebat mosi, mengadili kasus, mengambil setoran dan menyusun berbagai pembelaan hukum. Pengacara perusahaan harus menguasai seni negosiasi dan mahir membuat dokumen transaksional seperti perjanjian, perjanjian, dan resolusi.

Jika bahasa Inggris bukan subjek favorit Kamu atau jika Kamu menghindari menulis kapan pun memungkinkan, Kamu mungkin ingin mencari peluang berbeda di bidang hukum.

Apakah Kamu Memiliki Pikiran Analitik?

Kemampuan berpikir logis dan berpikir kritis sangat penting untuk praktik hukum. Keterampilan analitis diperlukan untuk semua bidang praktik, apakah kamu menyusun kesepakatan multi-juta dolar atau mengembangkan strategi uji coba. Jika kamu menyukai teka-teki logika, penelitian, dan pemikiran kritis, maka Kamu dapat menikmati menjadi seorang pengacara.

Bisakah Kamu Bersedia Bekerja 24 jam /7 hari?

Memang, ini bukan persyaratan untuk semua pengacara, tetapi tergantung pada bidang hukum yang Kamu kejar, klien yang sadar nilai mungkin berharap Kamu dapat diakses setiap saat. Ini khususnya benar dalam kasus hukum pidana. Ponsel pintar memungkinkan para profesional hukum untuk tetap terhubung 24/7, sehingga pekerjaan itu tidak berakhir bagi banyak pengacara ketika mereka secara fisik meninggalkan ruang sidang atau kantor mereka pada akhir hari.

Kebanyakan pengacara yang sukses tidak bekerja selama 40 jam seminggu. Pengacara yang melakukan jadwal kerja yang waras, seperti yang ada di tempat-tempat kepentingan umum dan akademisi, sering menukar gaji tinggi untuk keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.

Apakah Kamu Siap untuk Mengembangkan Klien dan Bisnis Baru?

Sebagian besar pengacara firma hukum bertanggung jawab atas pengembangan klien. Kompensasi, bonus, undian, dan peluang kemitraan seringkali didasarkan pada kemampuan pengacara untuk membawa bisnis bagi perusahaan, setidaknya sebagian. Jadi, selain tuntutan praktik hukum, kamu harus unggul dalam memasarkan diri dan organisasi kamu kepada calon klien.

Apakah Kamu Siap Berpakaian Resmi dan Seringkali harus Bertoga?

Pakaian kasual untuk pengacara bukan norma. Sebagian besar pengacara menghabiskan hari kerja mereka dalam setelan jas dan pakaian bisnis. Ini membantu pengacara menuntut rasa hormat, menginspirasi kepercayaan, dan menyampaikan citra yang dipoles.

Jika kamu menganggukkan kepala untuk semua pertanyaan ini, kamu mungkin memang cocok jadi pengacara.