Atap dan Dinding Powerbank Rumah ala Tesla. Wow!

Atap dan Dinding Powerbank Rumah ala Tesla. Wow!

LAKBAN  - Atap rumah untuk melindungi kita dari panas dan hujan. Sebagian orang masih ada yang hidup beratapkan langit karena nggak punya rumah tempat berteduh. Sebaagian lagi masih tinggal di rumah yang beratapkan rumbia. Sebagian besar rumah di Indonesia beratap genting, keramik, seng, asbes, atau bahan lain yang lebih modern.

Saat ini penggunaan atap yang berfungsi menyerap panas juga massif. Menyimpan panas matahari menjadi energi listrik. Bisa mengurangi konsumsi listrik PLN. Tentu juga ramah lingkungan. Tak sekedar untuk pemanas air, panel surya sudah mulai digunakan pada lampu penerangan jalan dan kebutuhan energi rumah tangga.

Disamping memproduksi mobil listrik papan atas, Tesla juga menyediakan ‘rumah penyimpan energi’ yang canggih. Atapnya solar roof atau solar panel untuk menyerap energi matahari. Sementara tembok-tembok rumah menjadi semacam powerbank.

Kendaraan listrik tak sepenuhnya ramah lingkungan bila batere atau fuel cell yang digunakannya dipasok dari stasiun pengisian yang sumber energinya masih menggunakan pembangkit listrik berbahan bakar fosil. Maka memiliki rumah yang mandiri secara energi termasuk dalam menyediakan energi bagi kendaraan adalah langkah yang bijak.  

Tesla mengklaim bahwa dengan menggunakan panel surya rumahan  memungkinkan kita mengendalikan produksi energi kita secara berkelanjutan sambil memanfaatkan ruang yang tidak terpakai di atap kita. Panel surya Tesla memiliki desain profil rendah dengan bagian depan terintegrasi dan tidak ada perangkat keras pemasangan yang terlihat.

Dengan penggunaan energi rumah yang kita tempati sehari-hari, termasuk pengisian daya mobil Tesla , kita dapat mengharapkan manfaat sebagai berikut:

#1 Pengendalian atau Kontrol

Kendalikan produksi energi kita untuk mengalami kemandirian energi. Manfaatkan energi terbarukan matahari dan gunakan untuk memberi daya pada rumah dan peralatan kita, alih-alih hanya mengandalkan perusahaan listrik kita.

#2 Biaya yang Dapat Diprediksi

Solar memberi kita kendali lebih besar atas energi kita dan biaya penggunaan energi kita seiring waktu. Pemilik rumah yang berdaya mandiri mendapatkan manfaat dalam jangka panjang dengan mengurangi ketergantungan pada tingkat energi utilitas. Dengan menggunakan aplikasi Tesla dengan panel surya terintegrasi dan sistem Powerwall, kita dapat mempraktekkan konservasi energi yang lebih baik dan menurunkan biaya kita, terutama di area di mana utilitas menawarkan Pengukuran Energi Bersih.

#3 Listrik yang Dapat Diandalkan

Tesla Powerwall terintegrasi dengan panel surya untuk menyimpan kelebihan energi yang dihasilkan pada siang hari, dan membuatnya tersedia saat kita membutuhkannya - bahkan selama pemadaman jaringan.

Sebentar lagi kita akan memasuki era hemat energi. Semoga bumi kita makin lestari.