Banyak Orang Tua Sekolahkan Anaknya Di SMK, Ini 7 Keuntungan Sekolah di SMK

Banyak Orang Tua Sekolahkan Anaknya Di SMK, Ini 7 Keuntungan Sekolah di SMK

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tengah diminati banyak orang. bahkan tak jarang banyak juga orang tua yang menyekolahkan anak-anaknya di SMK, lalu apa saja sebenarnya keuntungan dan kelebihan belajar dan sekolah di SMK ?  begini 7 keuntungan menjadi lulusan SMK 

1. Fokus Satu Bidang Yang dipilih 

Dari namanya aja udah jelas, Sekolah Menengah Kejuruan, ya mata pelajaranmu juga hanya akan terfokus pada satu bidang yang kamu pilih, misalnya perhotelan, ya kamu hanya akan diajarkan tentang dunia perhotelan dari A sampai Z. Itu bertujuan agar kamu betul betul memahami bidang yang kamu geluti secara komprehensif. Karena kan dicetak untuk siap kerja memenuhi kebutuhan perusahaan. Enak bukan ? Padahal banyak orang orang di luar sana yang sulit mencari kerja, kamu malah di butuhkan perusahaan. 


2. Banyakan Praktek Dibanding Teori 

Nah di SMK, kamu bakal lebih sering praktek, daripada teori. Lagipula Kadang kita bosen bukan dengan orang yang hanya berteori tanpa ada aksi ? Kalau Di SMK jelas, kamu diajarkan bagaimana caranya bekerja bukan hanya berbicara, karena teori tanpa aksi kan omong kosong, Iyah nggak ?

Yang jelas, Kamu nggak cuma belajar semua pembelajaran formal, tapi diberikan pelajaran produktif sesuai dengan jurusan yang kamu ambil. Jadi suasananya seru dan kamu bakal jarang bosen deh. 


3. Merasakan Enaknya PKL Semasa Sekolah

Jadi, Sekolah di SMK memungkinkan kamu untuk bisa punya pengalaman lebih, yang tidak didapatkan oleh siswa siswa di sekolah lainnya, salah satunya, PKL (Praktek Kerja Lapangan). 

Nah, PKL adalah Kegiatan yang pada umumnya kebanyakan didapatkan oleh orang -orang yang berstatus mahasiswa ini, ternyata dapat kalian rasakn juga semenjak kalian masih berstatus siswa di lapangan, jadi ya tentu saja ini pengalaman yang menarik buat siswa SMK. 

Makanya PKL itu biasanya akan dilakukan ketika anda duduk dikelas 2 SMK, jadi bisa dibilang kelas 2 SMK itu adalah masa masa yang penting dan sayang dilewatkan begitu saja buat anak anak SMK.

Lebih detailnya, kegiatan PKL atau yang biasa disebut juga Prakerin (Praktek Kerja Industri), yaitu dimana kamu bakal dapat punya pengalaman terjun langsung ke dunia kerja dengan Jangka waktu sekitar 1 sampai 6 bulan. Tuh betapa nikmatnya, jadi anak SMK Tidak usah lagi ditanyakan soal kemandirian, wong mereka saja sudah belajar mandiri dan merasakan bagaimana lelahnya bekerja sejak masa menjadi siswa.

Kegiatan ini juga menjadi salah satu syarat wajib loh, untuk mereka dapat mengukur UN (Ujian Nasional) kenaikan kelas nantinya.

So far, pasti bakal menyenagkan, inilah momen dimana kamu nggak bakal bosan karena belajarmu tidak harus dikelas, tapi banyak Dilapangan. 


4. Kalau Beruntung, Saat PKL Kamu Bisa Dapat Gaji 

Tidak hanya itu, pada waktu PKL, bahkan kamu juga bisa dapat gaji loh dari perusahaan tempatmu praktek. Ya tentu saja dengan honor yang bervariasi disesuaikan dengan kebijakan perusahaan.

Nikmat yang hakiki, masih berstatus Siswa sudah bisa menghasilkan, jadi ada istilah sambil menyelam minum air, sambil belajar, dapat uang. 


5. Kamu Punya Keahlian Khusus Di Bidang Tertentu 

Sebagai siswa anda pasti sering bertanya tanya, apa sih sebenarnya keahlian yang anda miliki, nah tentu berbeda dengan siswa SMK, mereka malah tidak bingung menjawab pertanyaan yang kerap kali menjadi pertanyaan banyak orang. 

Berkat PKL lah salah satunya anda mengetahui betul skill dan keahlian khusus apa yang anda miliki. Dengan begitu anda tidak perlu minder dan khawatir ketika di interview oleh sebuah perusahaan, karena anda telah memiliki pengalaman dan keahlian sebelumnya semasa sekolah di SMK.


6. Anda Tidak Bingung Milih Jurusan Ketika Kuliah

Tidak sedikit orang yang bingung memilih jurusan perkuliahan, yang pada akhirnya banyak juga yang menyesal dan merasa tidak sesuai dengan jurusan yang diambilnya itu.

Ini salah atau keuntungan Anda sebagai lulusan SMK, karena dulu, sejak sekolah memang sudah di jurusan fokus dan materi pembelajarannya, sehingga saat memasuki dunia perkuliahan, anda tidak akan kebingungan dengan jurusan apa yang bakal anda geluti, karena anda hanya tinggal meneruskan jurusan sebelumnya sewaktu di SMK. Enak kan ?


7. Kamu Juga Bisa Langsung Kerja

Sekarang banyak sekali perusahaan besar yang membutuhkan pekerja terampil dan memiliki pengalaman  seperti lulusan lulusan SMK.

Jadi, bagi anda yang mungkin tidak mampu untuk melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan, anda bisa kok langsung terjun ke dunia pekerjaan.

Pilihannya banyak sekali, anda bisa bekerja, sambil berkuliah, atau bahkan anda juga bisa membuka usaha sendiri dari bekal berupa keahlian dan pengalaman kerja anda sebelumnya.

Karena memang lulusan SMK, terutama manfaat PKL/Prakerin itu kan supaya Lulusan SMK siap untuk kerja bukan ?