Belajar Asyik di Dunia Maya. Mau?

Belajar Asyik di Dunia Maya. Mau?

LAKBAN – Bosan belajar? Mungkin itu kita alami dalam keseharian kita. Apalagi di tengah godaan media sosial, game, dan berbagai layanan digital di dunia maya. Maka tak jarang kita merasa lebih asyik untuk berinteraksi dengan teman dan hiburan. Meninggalkan pentingnya belajar, ilmu, pengetahuan dan keterampilan yang sejatinya juga banyak kita dapati di internet.  

Ada banyak sumber pembelajaran yang dapat kita akses di internet. Lengkap dan menarik, lho. Belajar menjadi lebih asyik dan bersemangat. Dari video, foto, audio, atau teks yang sesuai dengan apa yang sedang menjadi minat kita dalam belajar. Pun untuk melengkapi bahan belajar di kelas luring di kampus atau di sekolah.

Ada beberapa situs yang memang ‘serius’. Artikel, berita, dan buku dalam bentuk elektronik ataupun audio yang disajikan tetap saja menarik. Namun pendekatannya memang lebih formalistik. Situs edX.org yang menyediakan banyak pilihan kursus daring buat para pembelajar. Secara umum kita mengenal layanan kursus daring sebagai MOOC (massive open online courses).  

Di edX.org kita bisa belajar tentang data science, programming, bisnis dan manajemen, dan sebagainya. Tinggal kita pilih dan kita bisa ikuti programnya yang menarik dan berstandar mutu tinggi. Ada link dengan program belajar daring di perguruan tinggi sekelas Harvard. Yang ini tentu saja berbayar.

Ada juga archieve.org yang menjadi perpustakaan daring yang sangat lengkap. Ada link ke berbagai situs pustaka dunia. Kita bisa mendapatkan teks, rekaman audio, atau rekaman video yang kita butuhkan.   

Namun ada pula yang lebih asyik tampilan sajiannya. Misalkan bigthink.com dan khanacademy.org yang mengajak kita untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Disamping berita dan artikel riset terkini, di situs tersebut juga menyajikan wawancara dengan para penemu atau tokoh yang sedang ‘naik daun’ saat ini.

Pokoknya belajar menjadi menyenangkan. Kita semakin termotivasi. Apa yang kita pelajari juga terasa sangat aktual dan ‘nyambung’ dengan perkembangan paling mutakhir. Kita semakin yakin bahwa ilmu yang kita pelajari akan berguna dalam kehidupan.

Jadi tunggu apalag? Jangan kamu habiskan harimemeksa diri -harimu hanya untuk chat dan gaming! Penting untuk  memaksa diri belajar dan belajar. Demi kebaikan bersama. Bukan hanya baik untuk diri sendiri namun juga bermanfaat bagi sesama dan lingkungan kita. Dengan ilmu kita akan meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan.