Cara Jitu Keluar dari Situasi Stuck

 

LAKEYBANGET.COM - Kamu mungkin menjadi sangat frustasi kala merasakan betapa mandegnya hidupmu. Tidak ada gagasan. Tidak punya tantangan. Situasi yang bisa membuatmu jalan di tempat. Tak bergerak kemana-mana. Bosan dan kehilangan gairah. Tentu sangat tidak menyenangkan dan harus sesegera mungkin diakhiri.  

Apalagi bila sedikit teman untuk diajak berbagi atau berkolaborasi dalam karya. Sekian obrolan dan tukar pandang mungkin berhenti di tengah jalan. Tak berketentuan. Hingga kamu juga merasa tak perlu lagi untuk berbagi dengan orang lain.

Atau setidaknya kamu jenuh terjebak dalam rutinitas kerja yang membosankan. Pergi pagi pulang petang. Dengan pola kerja bahkan mungkin SOP yang sama. Sementara kamu lihat teman-temanmu mungkin bergerak dengan lompatan ekstrapolasi yang dahsyat. Mereka sudah kemana-mana dan kamu masih di situ-situ saja.   

Kamu mungkin berada pada titik kehidupan di mana kamu telah serasa berhadapan dengan dinding atau bertemu persimpangan. Tak ada pilihan atau menghadapi pilihan dilematis. Keduanya sama membingungkannya. Langkahmu terhenti.  Dan kamu tidak tahu bagaimana untuk maju. Kamu tidak tahu apa langkah selanjutnya.  

Perubahan karier total? Mungkin ini terlintas di benakmu. Dengan kompetensi dan pengalaman yang kamu miliki bisa saja kamu mencari pekerjaan baru. Dengan perkembangan lanskap bisnis yang berubah total, kamu pun bisa menyesuaikan diri untuk mencari tantangan baru di jenis pekerjaan baru yang bisa kamu masuki.

Kamu mungkin tidak dapat menemukan keberanian untuk berhenti karena kamu terlalu nyaman atau mungkin takut mengambil resikonya? Jangan-jangan kamu nggak cocok dengan pekerjaan barumu. Keluar dari zona nyaman memang tidak mudah. Namun bukan zona nyaman namanya kalau kamu merasa ‘mandeg’. Jenuh dan tertekan.  

Atau apakah kamu tidak yakin apakah kamu dapat menemukan sesuatu yang lebih baik dan apakah risikonya layak untuk diambil? Dan akhirnya kamu menunda pikiran itu dan menunggu. Waktu terus berjalan dan kamu kehilangan kesempatan-kesempatan baru yang melintas di depanmu.

Setidaknya mulailah dengan mempertanyakan tujuan, target, dan misi dalam hidupmu. Hingga kamu bisa menemukan resolusi di Tahun Baru atau saat ulang tahunmu. Atau kapan saja kamu merasa berada dalam stagnasi.

Karierkah yang kamu kejar? Lalu setelah mendapatkan posisi dan imbalan atas kerja kerasmu apa yang ingin kamu dapatkan. Menikmati segala yang mungkin kamu beli untuk kepuasan diri mungkin bukan jalan satu-satunya.Yang lebih bijak adalah dengan berbagi yang mungkin akan memberimu tantangan baru.